Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal dalam Uji Coba di Pasifik

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 14:42 WIB
The US anti-missile station Aegis Ashore Romania is pictured at the military base in Deveselu, Romania on May 12, 2016. - Aegis Ashore is a land-based capability of the Aegis Ballistic Missile Defense (BMD) System. (Photo by DANIEL MIHAILESCU / AFP)
Ilustrasi sistem pertahanan rudal Aegis Ashore (dok. DANIEL MIHAILESCU/AFP)
Washington DC -

Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) gagal mencegat rudal balistik jarak menengah dalam uji coba terbaru. Kegagalan ini terjadi dalam uji coba sistem pertahanan rudal Aegis yang terpasang pada kapal-kapal perang AS.

Seperti dilansir Reuters, Senin (31/5/2021), uji coba itu digelar pada Sabtu (29/5) waktu setempat. Laporan Associated Press menyebut uji coba dilakukan di perairan Samudra Pasifik dekat Hawaii.

"Tujuan dari uji coba adalah menunjukkan kemampuan pertahanan rudal balistik yang terkonfigurasi pada kapal, Aegis, untuk mendeteksi, melacak, melibatkan dan mencegat target rudal balistik jarak menengah," demikian pernyataan Badan Pertahanan Rudal AS (MDA).

"Namun, pencegatan tidak tercapai," imbuh pernyataan itu.

Uji coba itu, sebut MDA, menggunakan salvo dua rudal pencegat jenis Standard Missile-6 (SM-6) Dual II. Disebutkan bahwa uji coba ini dilakukan MDA bekerja sama dengan Angkatan Laut AS.

Para pejabat yang bertanggung jawab atas program ini, seperti dilansir Associated Press, menuturkan bahwa pihaknya telah memulai pengkajian untuk mencari tahu penyebab kegagalan itu dan akan menganalisis hasilnya nanti.

MDA yang berada di bawah Departemen Pertahanan AS diketahui rutin menggelar uji coba sistem pertahanan rudal. Sebelumnya, uji coba yang dilakukan MDA dengan rudal pencegat jenis yang sama sukses dalam mencegat rudal balistik.

Tonton juga Video: Ekspresi Biden Ditanya soal Aktivitas Rudal Korea Utara

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)