Dubes Ukraina Tewas Saat Berlibur, Penyebabnya Misterius

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 11:28 WIB
Bangkok -

Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Thailand meninggal dunia saat berlibur bersama putranya ke Pulau Koh Lipe. Penyebab kematian sang Dubes masih misterius atau belum diketahui secara jelas.

Seperti dilansir AFP, Senin (31/5/2021), Andrii Beshta (45) yang seorang diplomat karier mulai bertugas menjadi Dubes Ukraina di Thailand sejak tahun 2016.

Kepolisian Nasional Thailand menyatakan bahwa Beshta ditemukan meninggal dunia pada Minggu (30/5) pagi, sekitar pukul 05.30 waktu setempat, di dalam kamar hotelnya tempat dia menginap di Koh Lipe -- pulau wisata yang dikenal dengan pantainya yang indah.

"Penyelidikan awal tidak menunjukkan tanda-tanda dia diserang, tidak ada tanda-tanda penggerebekan atau kekerasan," demikian pernyataan wakil juru bicara Kepolisian Nasional Thailand, Kissana Phathanacharoen.

Tim medis yang pertama tiba di lokasi mengenakan alat pelindung diri (APD) sebagai pencegahan saat memeriksa jenazah Beshta. Sementara otoritas setempat menanyai putra Beshta, Ostap, yang menginap sekamar dengan ayahnya.

Dituturkan Kissana bahwa menurut Ostap, ayahnya tidur sekitar pukul 23.00 waktu setempat namun terbangun pukul 04.30 waktu setempat dan muntah-muntah. Setelah itu, sebut Ostap, sang Dubes jatuh pingsan. Sejumlah saksi juga ditanyai kepolisian setempat.

Jenazah Beshta pertama kali dibawa ke rumah sakit setempat untuk autopsi, sebelum dipindahkan ke sebuah rumah sakit polisi di Bangkok untuk diselidiki lebih lanjut penyebab kematiannya.

Beshta diketahui telah bertugas di Thailand selama lebih dari satu dekade, dengan menurut situs Kedutaan Besar Ukraina, dia pertama tiba tahun 2007 sebagai konselor misi diplomatik Ukraina di Bangkok. Dia ditunjuk menjadi Wakil Direktur Jenderal tahun 2011 sebelum menjabat Dubes tahun 2016.

(nvc/ita)