Kelompok Bersenjata Culik Puluhan Murid Sekolah Islam di Nigeria

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 09:45 WIB
Jakarta -

Kelompok bersenjata menculik puluhan anak dari sebuah sekolah Islam di Nigeria.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (31/5/2021), pemerintah negara bagian Niger di Nigeria tengah mengatakan di Twitter bahwa sekitar 200 anak berada di sekolah pada saat serangan yang terjadi pada Minggu (30/5) waktu setempat itu. Penculikan itu terjadi sehari setelah 14 mahasiswa dari sebuah universitas di barat laut Nigeria dibebaskan setelah 40 hari disandera.

Juru bicara kepolisian negara bagian Niger, Wasiu Abiodun mengatakan para penyerang tiba dengan sepeda motor di kota Tegina dan mulai menembak tanpa pandang bulu, menewaskan satu warga dan melukai beberapa orang lainnya. Mereka kemudian menculik anak-anak dari sekolah Islam Salihu Tanko.

Salah satu pejabat sekolah, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan para penyerang awalnya menculik lebih dari 100 anak "tetapi kemudian memulangkan anak-anak yang mereka anggap terlalu kecil, yakni mereka yang berusia antara empat dan 12 tahun".

Pemerintah negara bagian Niger, dalam serangkaian tweet, mengatakan para penyerang telah melepaskan 11 murid yang "terlalu kecil dan tidak bisa berjalan" sangat jauh.

Kelompok-kelompok bersenjata kerap meneror penduduk di barat laut dan tengah Nigeria dengan menjarah desa, mencuri ternak, dan menyandera orang.

Penculikan semacam itu telah menjadi cara yang sering dilakukan para penjahat untuk mengumpulkan uang tebusan.

Selanjutnya
Halaman
1 2