Nigeria Selidiki Kabar Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 13:16 WIB
Tangkapan gambar yang diambil pada Selasa (2/1) dari sebuah video yang dirilis kelompok Boko Haram. Tampak pimpinan mereka Abubakar Shekau berbicara dalam pesan video pertamanya dalam beberapa bulan
Pemimpin kelompok Boko Haram Abubakar Shekau (Foto: AFP Photo/Boko Haram/HO)
Jakarta -

Militer Nigeria tengah menyelidiki kabar bahwa pemimpin kelompok militan Boko Haram, Abubakar Shekau tewas bunuh diri setelah meledakkan dirinya untuk menghindari penangkapan oleh kelompok militan saingan.

Ini merupakan laporan terbaru mengenai kematian Shekau setelah sebelumnya sejumlah laporan serupa muncul dan terbukti tidak benar. Namun, banyak warga Nigeria berharap kali ini kabar tersebut benar dan mereka akhirnya dapat terbebas dari kelompok radikal tersebut.

"Kami sedang memeriksanya dengan cermat," kata juru bicara Angkatan Darat Nigeria, Mohammed Yerima seperti dilansir Washington Post, Senin (24/5/2021).

"Dulu, kami telah melaporkan bahwa dia sudah mati dan kemudian dia kembali. Itu memalukan," imbuhnya.

Sebuah laporan internal oleh badan intelijen Nigeria mengatakan bahwa Shekau meledakkan bahan peledak hingga menewaskannya pada Rabu (19/5) malam waktu setempat dalam baku tembak sengit dengan para militan Negara Islam di Provinsi Afrika Barat, atau ISWAP, yang mencoba menangkapnya di tempat persembunyiannya di Hutan Sambisa.

Shekau dikenal karena video mengerikan dan penggunaan pelaku bom bunuh diri anak-anak dalam pembantaian di seberang Danau Chad Basin.

Sementara militer Nigeria mengatakan sedang menyelidiki klaim tersebut, banyak orang seperti warga Abuja, Kelvin Godwin bersuka cita mendengar kabar kematian Shekau.