1 Awak Ditemukan Usai Kapal Kargo Jepang Tabrakan Kapal Asing

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 30 Mei 2021 12:43 WIB
Ilustrasi
Foto: Ilustrasi (thinkstock)
Jakarta -

Seorang awak kapal kargo Jepang ditemukan di dekat kapal yang terbalik dan tenggelam. Diperkirakan awak tersebut meninggal dunia usai kapal yang ditumpanginya bertabrakan.

Seperti dilansir dari kantor berita Reuters, Minggu (30/5/2021), sebelumnya sebuah kapal kargo Jepang, Byakko bertabrakan dengan dengan kapal asing di Laut Pedalaman Seto, lepas pulau Shikoku, Jepang Barat pada Kamis (27/5) malam waktu setempat.

Menurut media Jepang, NHK, sebanyak 9 dari 12 awak kapal kargo Jepang, Byakko berhasil diselamatkan. Sementara tiga lainnya dinyatakan hilang.

Penjaga pantai Jepang telah melakukan pencarian sejak Jumat (28/5) terhadap tiga awak kapal kargo yang hilang setelah kecelakaan terjadi. Kapal kargo Jepang diketahui terbalik dan akhirnya tenggelam sekitar 2 jam 40 menit setelah bertabrakan.

Pada Minggu (30/5) pagi waktu setempat, penjaga pantai setempat menemukan seorang awak kapal yang hilang dalam keadaan henti jantung di dekat kapal yang tenggelam. Belum diketahui lebih jelas bagaimana kondisi awak tersebut.

Sementara itu, kapal asing bernama Ulsan Pioneer tidak tenggelam akibat insiden tersebut. Total 13 warga Korea Selatan dan Myanmar di dalamnya juga selamat dan tidak ada yang terluka.

Badan Keselamatan Transportasi Jepang masih melakukan penyelidikan di atas Ulsan Pioneer untuk menemukan awak kapal yang masih hilang.

(izt/knv)