Kapal Kargo Jepang Tabrakan dengan Kapal Asing, 3 Orang Hilang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 15:21 WIB
Ilustrasi
ilustrasi (Foto: (Thinkstock))
Jakarta -

Sebuah kapal kargo Jepang bertabrakan dengan kapal asing di Laut Pedalaman Seto di lepas pulau Shikoku di Jepang barat. Tiga orang hilang dalam insiden tabrakan kapal tersebut.

Seperti dilansir kantor berita Reuters dan The Star, Jumat (28/5/2021) media Jepang, NHK melaporkan bahwa kapal kargo Jepang itu terbalik dan akhirnya tenggelam sekitar 2 jam 40 menit setelah tabrakan yang terjadi pada Kamis (27/5) malam waktu setempat.

Menurut NHK yang mengutip penjaga pantai setempat, sembilan dari 12 anggota awak di atas kapal kargo Jepang, Byakko tersebut, berhasil diselamatkan, tetapi tiga orang lainnya hilang.

Disebutkan penjaga pantai bahwa tim penyelamat penjaga pantai saat ini sedang mencari yang hilang.

NHK melaporkan, kapal asing itu, ULSAN PIONEER, memiliki total 13 warga Korea Selatan dan Myanmar di dalamnya. Namun, kapal tersebut tidak tenggelam dan tidak ada yang terluka.

Sebelumnya dalam insiden terpisah, kapal nelayan Jepang bertabrakan dengan kapal Rusia di lepas pantai Hokkaido. Sedikitnya tiga awak kapal tewas dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Rabu (26/5/2021), juru bicara pemerintah Jepang, Katsunobu Kato, menuturkan bahwa lima awak kapal nelayan itu ditemukan oleh sebuah kapal kargo Rusia.

"Kami diberitahu bahwa tiga orang dipastikan tewas, sementara dua orang lainnya mengalami luka-luka yang tidak mengancam nyawa mereka," kata Kato.

Laporan media lokal Japan Times menyebut bahwa kapal nelayan itu terbalik setelah bertabrakan dengan sebuah kapal Rusia berbobot 662 ton di perairan Hokkaido pada Rabu (26/5) pagi waktu setempat.

(ita/ita)