Seorang Tentara Ukraina Tewas Ditembak Kelompok Separatis

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 03:04 WIB
A shot is fired by Canadas Zina Kocher as she competes in the Womens Biathlon 4x6 km Relay at the Laura Cross-Country Ski and Biathlon Center during the Sochi Winter Olympics on February 21, 2014, in Rosa Khutor, near Sochi.  AFP PHOTO / KIRILL KUDRYAVTSEV        (Photo credit should read KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: AFP)
Kiev -

Seorang tentara Ukraina gugur ditembak oleh penembak jitu kelompok separatis di wilayah timur negara itu. Peristiwa itu juga memicu meningkatnya ketegangan antara Kiev dan Moskow.

Dilansir AFP, Kamis (27/5/2021), sumber militer mengatakan sebelum gugur, prajurit itu ditembak dan terluka parah di dekat desa Novotoshkivske di wilayah Lugansk yang dikuasai oleh kelompok separatis yang berbatasan dengan Rusia.

Kiev telah memerangi kelompok separatis pro-Rusia di wilayah Donetsk dan Lugansk timur sejak 2014, setelah pencaplokan semenanjung Krimea oleh Moskow.

Setelah jeda tahun lalu, pertempuran kembali meningkat pada awal 2021. Bulan lalu, Rusia mengumpulkan 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina dan di Krimea, hal itu memicu peringatan dari NATO.

Meskipun Rusia kemudian mengumumkan penarikan mundur, baik Washington dan Kiev mengatakan bahwa penarikan itu dibatasi.

Konflik yang telah merenggut lebih dari 13.000 nyawa itu, telah menyebabkan sedikitnya 38 tentara Ukraina gugur sejak awal tahun dibandingkan dengan 50 di sepanjang tahun 2020, sementara separatis mengatakan sekitar 30 pejuang mereka telah tewas.

Kiev dan sekutu Baratnya menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata untuk mendukung separatis. Tuduhan itu kemudian dibantah Moskow.

(lir/lir)