Geger Bos Mafia Umbar Tudingan Skandal Pemerintah Turki

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 15:12 WIB
Sedat Peker saat dipenjara (GettyImages)
Foto: Bos mafia Turki, Sedat Peker (GettyImages)

Bantahan Pemerintah Turki

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu telah meminta penyelidikan atas klaim bos mafia ini dan meminta Peker didakwa dengan pasal fitnah.

Soylu, rekan dekat Presiden Recep Tayyip Erdogan, membantah klaim soal skandal korupsi tersebut dan menuntut agar Peker kembali untuk menghadapi keadilan di Turki. Dia mengatakan video itu adalah bagian dari "operasi internasional".

"Meskipun tuduhan dan fitnah sama sekali kosong, itu menargetkan negara," kata Soylu.

Minggu lalu, Erdogan mengatakan Partai AK-nya telah membawa perdamaian ke Turki dengan memerangi geng-geng seperti Peker.

Pada hari Minggu polisi Turki menahan saudara laki-laki Sedat Peker, Atilla di provinsi Mugla, di pantai Aegean, setelah Peker mengklaim bahwa dia telah mengirim Atilla untuk membunuh jurnalis Turki Siprus Kutlu Adali pada tahun 1996. Adali ditembak mati di Siprus, tetapi pembunuhnya tidak pernah diidentifikasi.

Menurut Sedat Peker, serangan terhadap Adali atas perintah mantan menteri dalam negeri Mehmet Agar. Dia juga menuduh bahwa Agar terkait dengan pembunuhan Ugur Mumcu pada 1993, jurnalis terkemuka lainnya.


(rdp/nvc)