International Updates

Saudi Batasi Penggunaan Toa Masjid, Cerita Penumpang LRT Malaysia Terlempar

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 25 Mei 2021 16:45 WIB
The sun shines behind the Omar Mosque in Berlins Kreuzberg district just hours before the start of the Muslim holy fasting month of Ramadan on April 23, 2020. (Photo by David GANNON / AFP)
ilustrasi (Foto: AFP/DAVID GANNON)
Jakarta -

Kementerian Urusan Islam Arab Saudi telah memberlakukan pembatasan penggunaan pengeras suara di masjid. Penggunaan pengeras suara masjid hanya diizinkan untuk azan dan iqomah saja.

Seperti dilansir Gulf News, Selasa (25/5/2021) aturan tersebut tertuang dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Abdul Latif Al Sheikh, Menteri Urusan Islam Saudi, ke semua masjid di seluruh Kerajaan Saudi.

Surat edaran ini dimaksudkan untuk membatasi penggunaan pengeras suara hanya untuk azan dan iqomah. Masjid juga diimbau untuk menurunkan volume pengeras suara ke tingkat sepertiga.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, Selasa (25/5/2021):

- Australia Tiba-tiba Tutup Kedutaan di Afghanistan, Ada Apa?

Pemerintah Australia tiba-tiba mengumumkan akan menutup Kedutaan Besarnya di Afghanistan minggu ini. Penutupan dilakukan karena adanya kekhawatiran atas "lingkungan keamanan yang semakin tidak pasti" di Kabul saat pasukan internasional mulai ditarik dari negeri itu.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengatakan bahwa kedutaan akan ditutup sebagai "tindakan sementara" pada 28 Mei mendatang, "sehubungan dengan penarikan militer internasional dari Afghanistan yang akan segera terjadi."

Kedutaan Australia di Kabul, ibu kota Afghanistan telah dibuka sejak 2006.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (25/5/2021), Morrison dan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne mengatakan bahwa mereka berharap penutupan itu hanya sementara, dan Australia dapat membuka kembali Kedutaan Besar di masa depan.

- PM Israel Umumkan David Barnea Jadi Bos Baru Mossad

Seorang agen intelijen veteran Israel bernama David Barnea ditunjuk menjadi direktur baru badan intelijen Israel, Mossad. Barnea kini menjabat sebagai wakil direktur Mossad.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (25/5/2021), penunjukan Barnea menjadi bos baru Mossad ini diumumkan ke publik oleh kantor Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, pada Senin (24/5) waktu setempat.

Laporan The Times of Israel menyebut Netanyahu juga secara langsung mengumumkan penunjukan ini saat menghadiri seremoni tahunan pemberian penghargaan untuk agen-agen Mossad yang berprestasi pada Senin (24/5) waktu setempat.

"Mencegah Iran mendapatkan senjata nuklir," tegas Netanyahu saat menyebut tugas utama Barnea sebagai bos Mossad yang baru.

- Corona Kian Gawat, Malaysia Catat Rekor Kematian dan Pasien ICU

Malaysia melaporkan rekor jumlah kematian harian akibat COVID-19 serta lebih dari 6.000 kasus baru per hari selama enam hari berturut-turut.

Seperti diberitakan Channel News Asia, Selasa (25/5/2021), tercatat 61 orang meninggal akibat COVID-19 pada Senin (24/5). Keseluruhan korban jiwa merupakan warga Malaysia, berusia 27 tahun hingga 98 tahun. Banyak dari mereka menderita tekanan darah tinggi dan diabetes.