Hadir di Sidang, Aung San Suu Kyi Beri Komentar Menantang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 16:04 WIB
Singapura dan Malaysia Tuntut Pembebasan Aung San Suu Kyi
Aung San Suu Kyi (dok. DW News)
Naypyitaw -

Aung San Suu Kyi, pemimpin Myanmar yang dilengserkan dalam kudeta militer pada Februari lalu, hadir dalam persidangan kasusnya untuk pertama kali. Suu Kyi juga menyampaikan komentar pertamanya, yang bernada menantang, di depan publik sejak dia ditahan oleh junta militer Myanmar.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (24/5/2021), Suu Kyi hadir langsung dalam sidang terbaru yang digelar pada Senin (24/5) waktu setempat. Diketahui bahwa Suu Kyi tidak pernah terlihat di depan umum sejak kudeta terjadi pada 1 Februari lalu.

Pengacaranya menuturkan bahwa Suu Kyi tampak dalam kondisi kesehatan yang baik. Bahkan menurut salah satu pengacaranya, Thai Maung Maung, Suu Kyi sempat menggelar pertemuan tatap muka dengan tim penasihat hukumnya selama 30 menit sebelum sidang digelar.

Menurut pengacara Suu Kyi lainnya, Min Min Soe, Suu Kyi terdengar 'sehat dan sangat percaya diri' dalam pertemuan itu.

Kepada tim pengacaranya, Suu Kyi melontarkan komentar soal partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), yang tengah dipertimbangkan untuk dibubarkan oleh junta militer Myanmar atas tuduhan kecurangan pemilu setelah partai itu menang telak dalam pemilu tahun 2020.

"Dia ingin rakyatnya tetap sehat dan menegaskan NLD akan tetap ada selama rakyat masih ada, karena itu dibentuk untuk rakyat," tutur Min Min Soe kepada AFP.

Diketahui bahwa Suu Kyi dijerat serangkaian dakwaan pidana sejak ditahan pada awal Februari lalu. Salah satunya dakwaan melanggar pembatasan virus Corona (COVID-19) dalam kampanyenya tahun lalu dan dakwaan kepemilikan walkie-talkie tanpa izin.

Persidangan kasus Suu Kyi telah mengalami penundaan selama beberapa minggu dan tim pengacaranya kesulitan mendapatkan akses terhadap klien mereka. Min Min Soe menambahkan bahwa sidang selanjutnya akan digelar pada 7 Juni mendatang.

Tonton Video: Dakwaan Terbaru Aung San Suu Kyi

[Gambas:Video 20detik]




(nvc/ita)