Erupsi Gunung Nyiragongo di Kongo Tewaskan 15 Orang, Puluhan Ribu Mengungsi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Mei 2021 14:02 WIB
Smouldering ashes are seen early Sunday in Goma. [Moses Sawasawa/AFP]
Aliran lahar Gunung Nyiragongo menerjang jalanan di pedesaan Kongo (Moses Sawasawa/AFP)
Kinshaha -

Aliran lahar menerjang pedesaan di Kongo bagian timur setelah Gunung Nyiragongo meletus dengan sedikit peringatan pada akhir pekan. Sedikitnya 15 orang tewas dan puluhan ribu orang mengungsi di tengah kekacauan yang dipicu erupsi gunung api itu di Kongo.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (24/5/2021), otoritas setempat melaporkan bahwa aliran lahar dari erupsi Gunung Nyiragongo itu menghancurkan lebih dari 500 rumah.

Badan anak-anak Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), UNICEF, melaporkan bahwa sedikitnya 5.000 warga kota Goma terpaksa mengungsi dari rumah-rumah mereka menyeberangi perbatasan ke wilayah Rwanda. Sekitar 25.000 orang lainnya mengungsi ke kota Sake.

Laporan UNICEF menyebut bahwa lebih dari 170 anak dikhawatirkan hilang akibat erupsi itu. Para pejabat UNICEF menuturkan pihaknya mendirikan pusat transit untuk membantu anak-anak tanpa pendamping.

Kota Goma terhindari dari kehancuran massal yang dipicu letusan terakhir Gunung Nyiragongo tahun 2002 lalu. Saat itu, ratusan orang tewas dan lebih dari 100 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Dalam letusan terbaru, desa-desa yang berada di sekitar gunung api itu terkena dampaknya. Salah satu warga setempat, Aline Bichikwebo dan bayinya berhasil menyelamatkan diri dari aliran lahar yang menerjang desa mereka.

Namun sayangnya, ayah dan ibunda dari Bichikwebo kehilangan nyawa akibat aliran lahar tersebut. Dituturkan Bichikwebo bahwa dirinya berupaya menyelamatkan ayahnya namun dia tidak cukup kuat untuk membawa sang ayah ke tempat aman sebelum rumah mereka terbakar oleh akibat aliran lahar.

"Saya meminta bantuan karena semuanya yang kami miliki hilang. Kami bahkan tidak punya panci. Kami sekarang yatim-piatu dan kami tidak punya apa-apa," tuturnya, sembari memeluk bayinya.

Simak Video: Ratusan Rumah di Kongo 'Ditelan' Lava Letusan Gunung Nyiragongo

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2