Polisi Israel-Warga Palestina Bentrok di Al-Aqsa Kala Gencatan Senjata

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 21 Mei 2021 20:09 WIB
Yerusalem -

Israel dan Palestina mengumumkan gencatan senjata usai berhari-hari melakukan aksi saling serang. Namun, bentrokan kembali terjadi antara polisi Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Seperti dilansir AFP, Jumat (21/5/2021), juru bicara polisi Israel Micky Rosenfeld mengatakan kerusuhan pecah di lapangan terbuka Masjid Al-Aqsa yang merupakan situs tersuci ketiga Islam dan juga dihormati oleh orang-orang Yahudi.

"Ratusan orang melemparkan batu dan bom bensin ke petugas polisi yang menanggapi di tempat kejadian dan mulai membubarkan para perusuh," kata Rosenfeld dalam sebuah pernyataan.

"Satuan polisi ada di tempat kejadian," tambahnya.

Wartawan AFP mengatakan bentrokan sedang berlangsung. Polisi telah menembakkan peluru karet dan menggunakan granat kejut di lokasi tersebut.

Sebelumnya bentrokan terjadi di Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadhan membuat kelompok Hamas, menuntut pasukan Israel mengosongkan kompleks tersebut pada Senin (10/5).

Hamas kemudian menembakkan roket ke Yerusalem ketika tenggat waktu berakhir. Israel kemudian memulai kampanye udara besar-besaran yang menargetkan Hamas dan kelompok bersenjata lainnya di Gaza.

Gencatan senjata untuk mengakhiri permusuhan di Gaza tampaknya akan diadakan pada hari Jumat (21/5).

(rfs/imk)