Kasus Virus Corona di India Hari Ini: Angka Harian Turun-Kematian Naik

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 16:34 WIB
FILE - In this April 30, 2021, file photo, health workers attend to COVID-19 patients at a makeshift hospital in New Delhi, India. COVID-19 infections and deaths are mounting with alarming speed in India with no end in sight to the crisis. People are dying because of shortages of bottled oxygen and hospital beds or because they couldn’t get a COVID-19 test. (AP Photo/File)
Potret kasus COVID di India (Foto: AP)
Jakarta -

Kasus virus Corona di India hari ini mengalami dua fase yang berbanding terbalik. Angka kasus harian mulai menurun di bawah 300.00 kasus, sementara angka kematian malah meningkat.

Selama enam minggu terakhir, gelombang tsunami corona di India terus melanda. Krisis kekurangan tempat tidur rumah sakit, oksigen dan obat-obatan terjadi di hampir sleuruh wilayah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada sejumlah penyebab melonjaknya kasus virus Corona di India. Terjadinya pertemuan massal, rendahnya tingkat vaksinasi, dan adanya varian baru virus Corona menjadi tiga kombinasi yang membuat India hadapi gelombang kedua yang lebih mengerikan.

Berikut informasi kasus virus Corona di India hari ini yang dihimpun detikcom dari berbagai sumber:

Angka Harian Menurun

Angka kasus harian virus Corona di India mulai menurun di bawah 300.00 kasus sejak Senin (17/5) waktu setempat. Angka ini adalah yang pertama kalinya terjadi sejak 21 April lalu.

Pada hari Rabu (19/5), Kementerian Kesehatan India melaporkan 267.000 kasus. Angka ini berarti sudah tiga hari berturut-turut India berada di bawah kasus harian 300.000.

"Kurva pandemi mulai stabil," kata V.K. Paul, kepala gugus tugas COVID-19 pemerintah India.

Meski begitu, India masih menduduki total kasus terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dengan jumlah 25,5 juta kasus sejak pandemi. Jika terus dibiarkan, India bahkan bisa segera menyalip posisi AS pada Juni mendatang.

Rekor Kasus Kematian Sehari

Meski angka kasus harian virus corona di India menurun, kabar tersebut tak sejalan dengan kasus kematian di negara bekas jajahan Inggris itu. Otoritas India mencatat pada Rabu (19/5), rekor 4.529 kematian dalam sehari, jumlah tertinggi sejak pandemi melanda.

Dalam beberapa hari terakhir jumlah kematian harian akibat virus Corona telah meningkat. Hal ini terjadi seiring menyebarnya infeksi ke kabupaten-kabupaten pedesaan dengan fasilitas kesehatan yang buruk.

Namun, para ahli mengatakan bahwa jumlah korban di India yang sebenarnya jauh lebih tinggi.

Apa Upaya yang Dilakukan Pemerintah India sejauh ini?

Konsul Jenderal RI Mumbai Agus Prihatin Saptono mengungkapkan langkah apa saja yang kini sudah dilakukan untuk mengatasi virus Corona di India. Salah satunya menambah manajemen hunian rumah sakit.

"Jadi di sini, kebijakan untuk tetap mempertahankan 6 jumbo COVID isolation center yang berada di 6 distrik Maharashtra," katanya.

Penambahan kapasitas jumbo isolation center terdiri dari 3 ribu bed, dan toilet mandiri. Seribu bed dengan fasilitas oksigen dan 300 bed untuk ICU.

Ditambahkan bahwa semua negara bagian di India bisa melakukan tes PCR sebanyak 200 ribu swab test per hari. India juga melakukan penyegelan kawasan atau rumah hunian ketika ada yang terpapar Corona lebih dari 5 orang.

Tonton Video: Kasus Harian Corona di India Mulai Menurun

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)