Joe Biden Akan Bicara dengan Netanyahu Terkait Serangan Israel ke Palestina

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 03:06 WIB
Joe Biden (Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Presiden AS, Joe Biden (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Washington D.C -

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden mengatakan dirinya akan melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Pembicaraan itu akan membahas seputar kekerasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Dilansir AFP, Selasa (18/5/2021), Biden mengatakan pembicaraan itu akan dilakukan hari ini. Setelah itu, Biden berjanji akan menyampaikan isi pembicaraannya dengan Netanyahu kepada wartawan.

"Saya akan berbicara dengan perdana menteri dalam satu jam dan saya akan dapat berbicara dengan Anda setelah itu," ujar Joe Biden kepada wartawan di Gedung Putih, ketika ditanya apakah dia akan bergabung dengan seruan internasional lainnya untuk gencatan senjata di Israel.

Sebelumnya diberitakan, Joe Biden menyatakan serangan Israel terhadap Palestina sebagai bentuk pembelaan diri. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengkritik sikap Joe Biden.

Dilansir AFP, Selasa (18/5/2021), Erdogan menyebut Biden sedang menulis sejarah dengan tangan berdarah. Kritik itu disampaikan dalam pidato yang disiarkan tv nasional.

"Anda sedang menulis sejarah dengan tangan berdarah Anda," kata Erdogan.

Erdogan menegaskan negaranya tak akan mundur untuk membela Palestina. "Anda memaksa kami untuk mengatakan ini. Kami tidak bisa mundur," katanya.

Selain itu, Erdogan juga menyebut Israel sebagai negara teroris. Dia juga menyebut Amerika Serikat telah menjual senjata ke Israel.

"Hari ini kami melihat tanda tangan Biden pada penjualan senjata ke Israel," kata Erdogan pada Senin mengacu pada laporan media AS tentang pengiriman senjata baru yang disetujui oleh pemerintahan Biden.

(man/man)