Aksi Demo Dukung Palestina di Denmark Ricuh, 3 Orang Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 12:06 WIB
Dukungan Warga Dunia untuk Palestina
dukungan warga dunia untuk Palestina (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Aksi demo untuk mendukung warga Palestina diwarnai kericuhan di Kopenhagen, Denmark pada hari Jumat (14/5) waktu setempat. Para pengunjuk rasa melempari polisi dan kedutaan Israel dengan batu, menurut laporan polisi dan media.

Kepolisian Denmark mengatakan, aksi protes yang digelar di luar kedutaan Israel di ibukota Denmark tersebut, dibubarkan setelah "kekacauan yang parah". Polisi menangkap tiga orang dalam aksi tersebut.

Media lokal melaporkan bahwa sekitar 4.000 orang ikut serta dalam aksi protes tersebut. Di tengah aksi demo, sekitar 50 hingga 100 demonstran mulai melemparkan batu ke gedung kedutaan Israel dan polisi.

Polisi pun menggunakan gas air mata dan pentungan untuk menghadapi para pengunjuk rasa.

Inspektur polisi Paw Kaltoft mengatakan bahwa polisi telah menangkap tiga orang. Meski keadaan telah tenang di malam hari, para polisi akan tetap berjaga sepanjang malam.

Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Kofod mengecam tindakan beberapa pengunjuk rasa.

"Setiap orang memiliki hak untuk mengekspresikan diri mereka secara damai di Denmark," kata Kofod dalam sebuah postingan di Twitter, seraya menambahkan bahwa melempar batu "sama sekali tidak dapat diterima".

Lihat Video: Merekam Video, Pria Yahudi Ditembak Pasukan Israel

[Gambas:Video 20detik]