10 Warga Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel di Tepi Barat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 15 Mei 2021 10:54 WIB
Bentrokan meletus pada hari Jumat (12/2) antara warga Palestina dan tentara Israel dalam aksi protes mengutuk pemukiman Israel di Tepi Barat. Setidaknya 15 warga luka-luka dalam insiden tersebut.
bentrokan tentara Israel dan warga Palestina di Tepi Barat (Foto: Screenshoot AFP)
Jakarta -

Selain di Gaza, korban jiwa warga Palestina juga terus berjatuhan di wilayah Tepi Barat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (15/5/2021), Kementerian Kesehatan Palestina menyatakan, sedikitnya 10 warga Palestina tewas akibat tembakan tentara-tentara Israel selama bentrokan pada Jumat (14/5) waktu setempat.

Menurut sumber-sumber, aksi protes yang diwarnai kekerasan terjadi di berbagai penjuru Tepi Barat, dengan sebagian besar pemuda Palestina melemparkan batu, bom molotov dan proyektil lainnya ke pasukan Israel, yang membalas dengan melepaskan gas air mata, peluru karet dan peluru tajam.

Militer Israel menyatakan seperti diberitakan Arab News, Sabtu (15/5/2021), salah satu korban termasuk warga Palestina yang tewas setelah mencoba menikam seorang tentara. Pejabat kesehatan Palestina mengkonfirmasi kematian itu.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sembilan warga Palestina lainnya tewas dalam bentrokan lemparan batu dengan pasukan Israel di beberapa lokasi di Tepi Barat.

Meningkatnya kekerasan di Tepi Barat terjadi di tengah gempuran udara besar-besaran oleh militer Israel di Gaza. Sumber keamanan Palestina mengatakan pertempuran pada hari Jumat (14/5) adalah yang "paling intens" sejak intifada kedua, yang dimulai pada tahun 2000.

Kelompok Hamas yang menguasai Gaza dilaporkan telah meluncurkan lebih dari 1.800 roket ke Israel sejak Senin (10/5) lalu, menewaskan sembilan orang, dengan sirene terus meraung-raung di seluruh Israel.

Lihat Video: Netanyahu Sebut Akan Kerahkan Seluruh Kekuatan Serangan Israel ke Hamas

[Gambas:Video 20detik]