Kasus COVID Melonjak, Pakistan Tiadakan Libur Lebaran

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 09 Mei 2021 14:57 WIB
Ketika Sejumlah Negara di Asia Mulai Terapkan New Normal, WHO Minta Pakistan Berlakukan Lockdown
Ilustrasi (Foto: DW (News)
Islamabad -

Pakistan meniadakan libur lebaran atau Idul Fitri demi mencegah makin melonjaknya kasus COVID-19. Selain meniadakan hari libur, Pakistan juga memberlakukan penutupan perjalanan dan akses turis selama sembilan hari ke depan mulai Sabtu lalu (8/5).

Seperti dilansir AFP, Minggu (9/5/2021) demi mencegah terjadinya gelombang ketiga COVID-19 dan kekhawatiran akan penularan di dekat perbatasan India, Pakistan memberlakukan sejumlah pembatasan, yang terparah terjadi pada April tahun lalu di mana negara itu memberlakukan lockdown selama satu bulan lamanya.

"Langkah-langkah ini harus dilakukan melihat situasi yang sangat berbahaya yang telah terjadi di kawasan dengan penyebaran mutasi virus yang mematikan," cuit Menteri Perencanaan Asad Umar.

Tahun lalu, momen libur Idul Fitri dimanfaatkan dengan kunjungan ke tempat-tempat wisata dan hiburan. Akibatnya, terjadi lonjakan kasus harian selama beberapa minggu usai libur.

Dalam pembatasan kali ini, sederet bisnis, hotel, restoran serta pasar dan taman akan ditutup, sementara transportasi umum antarprovinsi dan dalam kota telah dihentikan beberapa waktu ke depan. Militer Pakistan juga disiapkan guna memantau aturan pembatasan tersebut.

Sementara itu, masjid akan tetap diizinkan dibuka meski dengan pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat. Setiap jemaat wajib menggunakan masker saat memasuki area masjid.

Sejauh ini, Pakistan mencatat lebih dari 850.000 kasus COVID-19 dengan angka kematian mencapai 18.600 jiwa. Dengan tingkat tes terbatas dan buruknya sektor perawatan kesehatan dikhawatirkan jumlah kasus melebihi dari apa yang dilaporkan.

Para tenaga medis mulai memperingatkan akan hampir penuhnya kapasitas rumah sakit. Mereka berharap jumlah tempat tidur di unit perawatan intensif bisa ditambah.

Selanjutnya
Halaman
1 2