Khamenei Sebut Israel Bukan Negara, Tapi Basis Teroris

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 09:28 WIB
In this photo released by an official website of the office of the Iranian supreme leader, Supreme Leader Ayatollah Ali Khamenei delivers his sermon in the Friday prayers at Imam Khomeini Grand Mosque in Tehran, Iran, Friday, Jan. 17, 2020. Irans supreme leader said President Donald Trump is a
Ayatollah Ali Khamenei (dok. Office of the Iranian Supreme Leader via AP)
Teheran -

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyebut Israel bukan negara, tapi basis teroris. Hal itu disampaikan Khamenei saat berpidato dalam peringatan Hari Al-Quds yang merupakan acara tahunan untuk menunjukkan solidaritas bagi Palestina.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (7/5/2021), ketegangan semakin meningkat antara Iran dan Israel yang bermusuhan, terutama setelah terjadi serentetan serangan maritim, ledakan di fasilitas nuklir Iran dan pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Iran, yang diduga didalangi Israel.

Iran tidak mengakui Israel sebagai negara dan mendukung perjuangan Palestina telah menjadi pilar kebijakan luar negeri dari Iran selama ini. Negara ini juga mendukung kelompok bersenjata seperti Hamas yang menguasai Gaza dan Hizbullah di Lebanon.

"Israel bukan sebuah negara, tapi basis teroris terhadap bangsa Palestina dan negara-negara Muslim lainnya," cetus Khamenei dalam pidatonya yang disiarkan televisi setempat.

"Memerangi rezim yang zalim adalah memerangi penindasan dan terorisme, dan (melakukan hal itu) menjadi tugas semua orang," ujarnya.

Dalam pidatonya, Khamenei juga mengecam normalisasi hubungan yang dilakukan Israel dengan 'sejumlah pemerintah Arab yang lemah' dalam setahun terakhir, yang disebutnya sebagai upaya merusak 'persatuan Muslim yang menjadi mimpi buruk' Israel.

Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko dan Sudan telah menormalisasi hubungan dengan Israel dalam beberapa bulan terakhir, di bawah kesepakatan yang dimediasi Amerika Serikat (AS).

"Saya mengatakan ini dengan tegas: upaya-upaya ini tidak akan berhasil," tegas Khamenei.

Simak video 'Detik-detik Bentrokan Polisi Israel-Warga Palestina di Masjid Al-Aqsa':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2