Menteri Keuangan Qatar Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 15:31 WIB
Ilustrasi Penjara
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Menteri Keuangan Qatar Ali Shareef al-Emadi ditangkap pada Kamis (6/5) waktu setempat atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan penggelapan dana publik.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (7/5/2021), media pemerintah Qatar, Qatar News Agency melaporkan bahwa penguasa negara itu, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, telah mengeluarkan dekrit yang "membebaskan" Emadi dari jabatannya.

Sheikh Tamim juga meminta Menteri Perdagangan dan Industri Ali bin Ahmed al-Kuwari untuk "menjalankan tugas Menteri Keuangan", demikian dilaporkan Qatar News Agency di halaman Twitter-nya.

Meskipun ada penangkapan figur-figur penting dalam kasus korupsi di Qatar sebelumnya, sumber resmi mengatakan Emadi adalah tokoh paling terkenal yang menghadapi tuduhan seperti itu di bawah pemerintahan Sheikh Tamim.

"Jaksa Agung memerintahkan penangkapan Menteri Keuangan Ali Shareef al-Emadi, untuk menanyakan tentang apa yang disebutkan dalam pemberitaan soal tindak pidana terkait PNS yang meliputi kerugian uang rakyat, penyalahgunaan fungsi, dan penyalahgunaan kekuasaan," kata media pemerintah itu.

Qatar News Agency mengatakan bahwa penyelidikan telah dimulai, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Emadi menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 2013. Dia juga menjadi presiden dewan eksekutif maskapai nasional Qatar Airways dan ketua dewan Qatar National Bank, pemberi pinjaman terbesar di kawasan itu.