KBRI Doha Salurkan Bantuan ke 920 WNI Terdampak COVID-19 di Qatar

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 04 Apr 2021 01:57 WIB
KBRI Doha Salurkan Bantuan ke WNI terdapak di Qatar
KBRI Doha Salurkan Bantuan ke WNI terdapak di Qatar (Foto: dok. Istimewa)
Doha -

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha menyalurkan bantuan sosial ke 920 WNI yang terdampak COVID-19 di Qatar. Bantuan itu berasal dari berbagai sumber.

"Terkait pemberian bantuan sosial kepada para WNI terdampak COVID-19, hingga Kuartal I Tahun 2021, bantuan sosial yang telah diberikan kepada WNI terdampak COVID-19 mencapai 920 bantuan yang terdiri atas 233 bantuan dari KBRI, 187 bantuan dari komunitas WNI di Qatar dan 500 bantuan dari Qatar Charity, sebuah lembaga amal milik Pemerintah Qatar," kata Dubes RI untuk Qatar, Ridwan Hassan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4/2021).

Ridwan mengatakan penanganan COVID-19 di Qatar sejauh ini dilakukan dengan sangat baik. Tingkat kematian akibat COVID-19 di Qatar juga termasuk yang terendah di dunia. Sementara terkait Pemberian vaksin COVID-19, pemerintah Qatar menyediakan 2 (dua) merk vaksin: Pfizer-BioNTech dan Moderna. Hingga 31 Maret 2021, sebanyak 816.484 vaksin sudah diberikan kepada penduduk Qatar.

"Sebagai WNI yang tinggal di Qatar, kita patut bersyukur karena penanganan COVID-19 di Qatar termasuk yang sangat baik," ujarnya.

Lebih lanjut, diseminasi informasi tentang Covid-19 di Qatar juga dilakukan secara intensif. Satgas misalnya secara rutin menyampaikan data terbaru kasus COVID-19 di Qatar termasuk data WNI yang terpapar.

Di luar itu, Satgas juga kerap menyebarluaskan informasi mengenai kebijakan Pemerintah Qatar terkini terkait Covid-19. Edukasi juga menjadi hal prioritas lain. Terkait ini, Satgas secara rutin menyelenggarakan beberapa kali Webinar dengan narasumber-narasumber yang kompeten.

"Dalam struktur organisasinya, Satgas memiliki beberapa Koordinator Wilayah yang tersebar di seluruh penjuru Qatar. Satgas akan melanjutkan tugasnya selama Tahun 2021. Tanpa mengharap pamrih, kami bekerja Lillahi Ta'ala," kata Chairil Anhar Siregar, Ketua Satgas yang juga merupakan Pelaksana Fungsi Politik KBRI Doha.

(eva/eva)