Corona Menggila, Malaysia Jemput Pulang Warganya dari India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 07 Mei 2021 08:02 WIB
Pasien Covid-19 di Ahmedabad, India harus mengantre berjam-jam di dalam ambulans untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Penumpukan pasien ini imbas lonjakan kasus Corona di India yang angkanya melebihi 300 ribu kasus baru perhari.
India dilanda darurat Corona (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pemerintah Malaysia akan memulangkan warganya dari wilayah utara dan barat India di tengah lonjakan kasus COVID-19 dan korban jiwa di India.

Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan, misi repatriasi akan menggunakan pesawat carteran khusus dari Malaysia.

"Pesawat itu akan berangkat ke New Delhi dan Mumbai, India, segera setelah semua pengaturan terkait termasuk persetujuan dari pemerintah India untuk penerbangan khusus tersebut," ujarnya dalam pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia seperti dilansir Bernama dan Channel News Asia, Jumat (7/5/2021).

Hishammuddin mengatakan keputusan untuk memulangkan warga Malaysia tersebut dibuat bersama oleh semua lembaga yang terlibat, dengan mempertimbangkan pengamatan dan analisis oleh misi diplomatik Malaysia di India.

Mereka yang kembali termasuk anggota staf berbasis rumahan dari berbagai agen Malaysia dan keluarga mereka. Semuanya harus menjalani tes COVID-19 sebelum meninggalkan India dan juga setibanya di Malaysia.

"Selain itu, mereka juga diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari di pusat-pusat yang ditunjuk pemerintah," ujarnya.

Hishammuddin menambahkan bahwa warga Malaysia lainnya di wilayah utara dan barat India yang ingin bergabung dengan penerbangan repatriasi harus mendaftar ke Komisi Tinggi Malaysia di New Delhi dan Konsulat Jenderal Malaysia di Mumbai pada pukul 5 sore waktu India pada hari Jumat ini.

Tonton video 'Corona di India, Sehari 400 Ribu Kasus-Nyaris 4 Ribu Kematian':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2