Corona Mengganas, Negara Tetangga India Kompak Tutup Perbatasan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 18:17 WIB
FILE - In this April 30, 2021, file photo, health workers attend to COVID-19 patients at a makeshift hospital in New Delhi, India. COVID-19 infections and deaths are mounting with alarming speed in India with no end in sight to the crisis. People are dying because of shortages of bottled oxygen and hospital beds or because they couldn’t get a COVID-19 test. (AP Photo/File)
Lonjakan kasus Corona di India membuat negara-negara tetangganya kompak menutup perbatasan (dok. AP Photo)
Kolombo -

Sri Lanka menjadi negara tetangga terbaru India yang menutup perbatasannya di tengah lonjakan kasus virus Corona (COVID-19). Seluruh penerbangan dari India akan dilarang masuk ke Sri Lanka mulai Kamis (6/5) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (6/5/2021), Bangladesh dan Nepal, yang juga negara tetangga India, telah melarang penerbangan dari negara tersebut setelah lonjakan kasus Corona terus berkelanjutan dalam tiga pekan terakhir. Kedua negara itu juga berupaya menutup perbatasan mereka dengan India.

Sejauh ini, India mencatat total 21.077.410 juta kasus Corona dengan 230.168 kematian di wilayahnya. Negara ini berada di peringkat kedua sebagai negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat (AS) yang sejauh ini mencatat 32,5 juta kasus.

Tiga negara tetangga India -- Sri Lanka, Bangladesh dan Nepal -- juga tengah menghadapi lonjakan kasus Corona di wilayah masing-masing. Palang Merah Internasional menyebut situasi di kawasan Asia Selatan sebagai 'bencana kemanusiaan'.

Pemerintah Sri Lanka melarang seluruh pesawat penumpang dari India masuk ke wilayahnya. Larangan diberlakukan saat Sri Lanka melaporkan 1.939 kasus Corona dengan 14 kematian dalam 24 jam terakhir -- keduanya tercatat sebagai angka tertinggi di negara ini.

Sri Lanka sejauh ini mencatat total 117.529 kasus Corona dan 734 kematian di wilayahnya.

Angkatan Laut Sri Lanka meningkatkan patroli di perairan perbatasan untuk menjauhkan kapal-kapal pukat India. Pada Selasa (4/5) waktu setempat, Sri Lanka mencegat 11 kapal semacam itu yang melintasi jalur perairan sempit yang memisahkan wilayahnya dengan India.

Simak juga '5 Negara Penyumbang WNA Positif COVID-19 Terbanyak di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2