Geger Delegasi India Positif Corona Saat Diundang ke Pertemuan G7

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 06 Mei 2021 12:31 WIB
G7 foreign ministers are socially distanced as they meet in London, with clockwise from left, Canadian Minister of Foreign Affairs Marc Garneau, Britains Foreign Secretary Dominic Raab, Japanese Minister of Foreign Affairs Motegi Toshimitsu, European High Representative of the Union for Foreign Affairs Josep Borrell, Italian Minister of Foreign Affairs Luigi Di Maio, U.S. Secretary of State Antony Blinken, German Federal Minister for Foreign Affairs Heiko Maas and French Minister of Europe and Foreign Affairs Jean-Yves Le Drian, during talks at the G7 Foreign and Development Ministers meeting Tuesday May 4, 2021. (Stefan Rousseau/Pool via AP)
Pertemuan para Menlu negara anggota G7 digelar di London dengan mematuhi protokol Corona (Stefan Rousseau/Pool via AP)
London -

Pertemuan G7 di London, Inggris, diwarnai kekhawatiran penularan virus Corona (COVID-19) setelah dua anggota delegasi India dinyatakan positif Corona. Menteri Luar Negeri India dan seluruh timnya terpaksa melakukan isolasi mandiri dan tidak bisa menghadiri agenda yang telah direncanakan.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (6/5/2021), Inggris menjadi tuan rumah pertemuan G7 selama tiga hari -- pertemuan G7 pertama dalam dua tahun terakhir -- yang dihadiri para Menteri Luar Negeri dari negara anggota G7 -- terdiri atas Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Acara ini menjadi kesempatan untuk memulai kembali diplomasi tatap muka dan menjadi kesempatan Barat untuk menunjukkan kesatuan melawan ancaman China maupun Rusia.

India, yang tengah mengalami lonjakan kasus Corona terburuk di dunia, turut menghadiri pertemuan G7 itu sebagai tamu dan dijadwalkan ikut rapat pada Selasa (4/5) malam dan sepanjang Rabu (5/5) waktu setempat.

"Diberitahu kemarin malam soal dugaan paparan kasus positif COVID-19," sebut Menteri Luar Negeri India, Subrahmanyam Jaishankar, dalam pernyataan via Twitter pada Rabu (5/5) waktu setempat.

"Sebagai langkah sangat berhati-hati dan juga dengan mempertimbangkan yang lain, saya memutuskan untuk melakukan pertemuan saya dalam mode virtual. Itu juga akan dilakukan dalam pertemuan G7 hari ini," imbuhnya.

Pertemuan ini merupakan pendahuluan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 yang akan digelar di resor pinggiran Inggris pada Juni mendatang, dengan Presiden AS Joe Biden dan pemimpin dunia lainnya dijadwalkan akan hadir.

Selanjutnya
Halaman
1 2