India Kehabisan Oksigen saat Kasus Corona Hampir Capai 20 Juta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 01:19 WIB
New Delhi -

Kasus Corona di India sampai hari ini hampir mencapai 20 juta kasus. Di tengah ledakan kasus Corona tesebut, kini India mengalami krisis oksigen.

Seperti dilansir AFP, Selasa (4/5/2021), Corona di India kini mendekati angka 20 juta kasus atau tepatnya 19,9 juta kasus Corona. Sebanyak 219 ribu orang juga telah tewas akibat ledakan Corona di India tersebut.

Sejak akhir Maret, Infeksi Corona di India telah melonjak sekitar delapan juta kasus. Kini sistem perawatan kesehatan India yang kekurangan dana berada di bawah tekanan yang parah lantaran kehabisan tempat tidur, obat-obatan dan oksigen.

Bahkan beradasarkan laporan, sejumlah orang pun tewas akibat menunggu perawatan dalam antrian panjang di luar rumah sakit di Ibu Kota New Delhi dan kota-kota lain. Salah satu contoh yakni sekitar 24 orang meninggal dunia di satu rumah sakit pada Minggu (2/5) malam di negara bagian selatan Karnataka setelah rumah sakit itu kehabisan oksigen.

Beberapa rumah sakit bahkan secara putus asa meminta bantuan untuk oksigen di media sosial dalam semalam. Kepala Rumah Sakit Anak Pelangi Madhukar, Dinesh membenarkan kondisi tersebut.

"Oksigen merupakan kebutuhan dasar sebuah rumah sakit dan pasokan yang konsisten belum terjamin," kepala Rumah Sakit Anak Pelangi Madhukar Dr Dinesh.

Bantuan dari Otoritas federal dan negara bagian pun kini terus berdatangan. Akhir pekan ini, Jerman dan Prancis, bahkan akan mengirimkan peralatan medis termasuk pabrik penghasil oksigen ke negara tersebut.

"Di luar sana (India) rumah sakit penuh. Orang kadang sekarat di depan rumah sakit. Mereka tidak punya oksigen lagi," kata duta besar Jerman Walter J. Lindner.

(maa/maa)