Tentara Afghanistan dan Taliban Bentrok, 100 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 12:11 WIB
Amerika Serikat khawatir penarikan tentara mereka dari Afghanistan akan membuat Taliban menguasai wilayah baru dengan cepat
Ilustrasi (dok. BBC World)
Kabul -

Pertempuran terbaru antara tentara Afghanistan dan kelompok militan Taliban dilaporkan menewaskan lebih dari 100 anggota Taliban dalam 24 jam terakhir. Pertempuran ini pecah saat Afghanistan mengambil alih kendali pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Provinsi Helmand.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/5/2021), militer AS menyerahkan kendali atas Camp Antonik di Provinsi Helmand kepada militer Afghanistan pada Minggu (2/5) waktu setempat, atau sehari setelah AS secara resmi mulai menarik tentaranya dari Afghanistan.

Pasukan pemerintah Afghanistan dan Taliban terlibat bentrok di sejumlah provinsi, termasuk di basis pemberontak Kandahar, di mana militer AS melancarkan 'serangan presisi' pada Sabtu (1/5) waktu setempat saat memulai penarikan tentaranya.

Sekitar 52 anggota Taliban lainnya mengalami luka-luka dalam bentrokan tersebut. Belum ada komentar resmi dari Taliban terkait pertempuran ini. Juga tak ada keterangan mengenai jumlah korban di pihak pasukan pemerintah Afghanistan.

Pertempuran di lapangan terus berlanjut dalam beberapa bukan terakhir, saat upaya perdamaian untuk mengakhiri konflik selama 20 tahun tersendat. Militer AS secara resmi mulai menarik 2.500 tentaranya yang masih ditugaskan di Afghanistan pada 1 Mei, sesuai perintah Presiden Joe Biden bulan lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2