Singapura Deteksi Klaster Baru Corona di RS, Penularan Lokal Naik

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 15:42 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi (iStock)
Singapura -

Otoritas Singapura mendeteksi sebuah klaster virus Corona (COVID-19) terbaru di salah satu rumah sakit (RS) terbesar di negara tersebut. Klaster baru ini terdeteksi saat negara ini melaporkan 16 kasus penularan lokal Corona dalam 24 jam terakhir di wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (30/4/2021), Singapura berhasil mengendalikan wabah Corona sejak penularan besar terdeteksi di kalangan pekerja migran yang tinggal di asrama pada tahun lalu. Sebagian besar kasus Corona lainnya merupakan kasus impor dan terdeteksi dalam karantina.

Sebanyak 16 kasus penularan lokal atau penularan di tengah masyarakat yang terdeteksi dalam sehari, merupakan kasus domestik tertinggi yang pernah dilaporkan dalam sehari selama tujuh bulan terakhir di Singapura.

Kementerian Kesehatan Singapura menyebut delapan kasus di antaranya terkait dengan Rumah Sakit Tan Tock Seng.

Wabah Corona di rumah sakit tersebut melibatkan seorang dokter dan seorang perawat yang telah divaksinasi. Keduanya sama-sama mengalami gejala-gejala Corona sebelum dinyatakan positif.

Otoritas Singapura tengah mengisolasi dua bangsal di rumah sakit tersebut, untuk melakukan tes terhadap para staf dan pasien. Otoritas setempat juga meningkatkan karantina dan pembatasan pergerakan setelah klaster baru terdeteksi.

Ini menjadi momen pertama kalinya bagi Singapura mendeteksi klaster Corona di rumah sakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2