Rekor Terus, India Catat 386.000 Kasus Corona dalam Sehari!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 30 Apr 2021 12:54 WIB
Virus Corona di India terus mengganas. Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona selama 24 jam terakhir.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di India yang tengah mengalami lonjakan kasus (dok. AP Photo)

Namun di sisi lain, India yang merupakan salah satu produsen vaksin terbesar dunia, dilaporkan tidak memiliki cukup persediaan vaksin Corona untuk memvaksinasi sekitar 600 juta orang yang memenuhi syarat.

Kepala penasihat ilmiah pemerintah India, K Vijay Raghavan, dalam wawancara dengan surat kabar Indian Express menilai pemerintah seharusnya bisa melakukan persiapan lebih besar untuk menghadapi gelombang kedua Corona.

"Ada upaya-upaya besar yang dilakukan pemerintah pusat dan negara bagian dalam meningkatkan infrastruktur rumah sakit dan layanan kesehatan selama gelombang pertama ... Tapi saat gelombang itu menurun, mungkin menurun juga perasaan terdesaknya," sebutnya.

"Tidak mungkin untuk meningkatkan kapasitas sistem kesehatan publik dalam waktu setahun ke level yang cukup untuk mengatasi apa yang kita lihat sekarang," imbuh Raghavan.

Halaman

(nvc/ita)