Corona Menggila, Masjid-masjid di India Jadi Tempat Perawatan Pasien

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 28 Apr 2021 13:35 WIB
Masjid Jama yang berada di kawasan India, terkenal sebagai masjid terbesar di negara itu. Masjid yang biasanya ramai pengunjung itu kini sepi imbas wabah Corona
Ilustrasi -- Masjid di India (dok. AP Photo/Manish Swarup)
New Delhi -

Di tengah situasi tak terkendali yang dipicu lonjakan kasus virus Corona (COVID-19), kelompok dan warga Muslim di India mengulurkan tangan untuk membantu para pasien kritis yang membutuhkan pasokan oksigen dan tempat tidur untuk perawatan.

Seperti dilansir Arab News, Rabu (28/4/2021), lonjakan kasus Corona di India membuat kewalahan sistem layanan kesehatan setempat, dengan rumah-rumah sakit setempat kekurangan tempat tidur pasien, pasokan oksigen, dan obat-obatan.

Kelompok dan warga Muslim di India dilaporkan mengubah masjid-masjid setempat menjadi fasilitas perawatan pasien Corona. Salah satunya Masjid Jahangirpura di kota Vadodara, Gujarat. Masjid tersebut diubah menjadi fasilitas dengan 50 tempat tidur untuk merawat pasien yang terinfeksi Corona

"Situasi COVID-19 di kota ini tidak baik dan orang-orang tidak kebagian tempat tidur di rumah sakit, jadi kami memutuskan untuk membuka fasilitas untuk membantu orang-orang," tutur Irfan Sheikh, yang merupakan pengurus masjid tersebut, kepada Arab News.

"Dalam beberapa hari setelah pembukaan fasilitas, seluruh 50 tempat tidur terisi sehingga Anda bisa membayangkan tekanan seperti apa yang dihadapi rumah-rumah sakit," imbuhnya.

Sheikh menuturkan bahwa fasilitas itu bisa menambah 50 tempat tidur jika pasokan oksigennya bisa diandalkan.

Gujarat yang merupakan wilayah asal Perdana Menteri (PM) Narendra Modi, diketahui merupakan salah satu wilayah terdampak Corona paling parah di India. Wilayah ini mencatat nyaris 1.500 kasus Corona dan lebih dari 150 kematian sepanjang Selasa (27/4) waktu setempat.

Simak juga Video: Situasi Pandemi Covid-19 di India Semakin Mencekam

[Gambas:Video 20detik]