Ada Penularan Corona di Hotel Karantina, Perth Lockdown 3 Hari

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 14:04 WIB
Kota Perth dan sejumlah wilayah lainnya di Australia Barat memberlakukan lockdown sejak hari Minggu kemarin (31/01), setelah ditemukan satu kasus positif COVID-19.
Ilustrasi (dok. Getty Images/Matt Jelonek)
Perth -

Otoritas Australia memerintahkan diberlakukannya lockdown di kota Perth setelah penularan virus Corona (COVID-19) terdeteksi di salah satu hotel yang digunakan sebagai pusat karantina pelancong internasional. Lockdown berlangsung singkat selama tiga hari.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (24/4/2021), Premier Australia Barat, Mark McGowan, mengungkapkan bahwa seorang pria yang telah meninggalkan hotel pada 17 April setelah menjalani karantina selama 14 hari dan dinyatakan negatif Corona pada akhir karantina, dinyatakan positif beberapa hari kemudian.

Salah satu kontak dekat dari pria ini yang ada di Perth juga dinyatakan positif Corona pada Jumat (23/4) waktu setempat. Kasus ini menjadi penularan lokal pertama di negara bagian Australia Barat dalam 12 bulan terakhir.

McGowan menyatakan kasus penularan lokal itulah yang mendorong diberlakukannya lockdown mulai Jumat (23/4) waktu setempat.

Otoritas setempat tengah melacak orang-orang yang melakukan kontak dengan pria tersebut, yang tidak disebut identitasnya, selama dia berada di Perth selama 5 hari sebelum terbang ke Melbourne, pantai tenggara Australia. Pria ini dinyatakan positif Corona pada Rabu (21/4) waktu setempat saat tiba di Melbourne. Kini dia sedang menjalani isolasi.

Australia menjadi salah satu negara paling sukses di dunia dalam menangani pandemi Corona, dengan kurang dari 30 ribu kasus dan 900 kematian dilaporkan di negara dengan total populasi 25 juta jiwa ini.

Sejumlah kasus penularan lokal yang terdeteksi beberapa bulan terakhir, dikaitkan dengan lokasi karantina yang ada di kota-kota besar. Seluruh wabah yang muncul berhasil diatasi dengan lockdown singkat seperti yang kini diberlakukan di Perth.