Rudal Suriah Meledak Dekat Reaktor Nuklir Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 09:25 WIB
Israeli media have said for weeks that air defences around the Dimona reactor and the Red Sea port Eilat were being beefed up.PHOTO: AFP
Ilustrasi --Media Israel melaporkan bahwa pertahanan udara di sekitar reaktor nuklir Dimona dan pelabuhan Eliat di Laut Merah ditingkatkan untuk mengantisipasi serangan (dok. AFP)

Juru bicara militer Israel dalam pernyataannya menyebut rudal Suriah itu ditembakkan ke arah sebuah pesawat militer Israel, namun melewati target dan mencapai area Dimona.

Menurut juru bicara militer Israel ini, rudal yang ditembakkan Suriah itu merupakan jenis SA-5. Ditegaskan bahwa rudal Suriah itu tidak secara langsung mengenai reaktor nuklir Israel, namun jatuh di lokasi berjarak 30 kilometer.

Seorang reporter Reuters yang berada di lokasi berjarak 90 kilometer sebelah utara Dimona melaporkan dirinya mendengar suara ledakan beberapa menit sebelum militer Israel menyatakan via Twitter bahwa sirene peringatan diaktifkan di area tersebut.

Media-media Israel telah melaporkan selama beberapa pekan terakhir bahwa pertahanan udara di sekitar reaktor Dimona dan pelabuhan Eliat di Laut Merah ditingkatkan untuk mengantisipasi dugaan serangan rudal jarak jauh atau drone oleh pasukan milisi yang didukung Iran -- termasuk yang ada di Yaman.

Ketegangan antara Israel dan Iran masih tinggi terkait program nuklir Iran dan serentetan serangan sabotase beberapa waktu berakhir, dengan kedua negara saling menyalahkan.


(nvc/ita)