Round-Up

Rusia vs AS Makin Panas!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 16 Apr 2021 20:04 WIB
Percakapan telepon pertama Biden dan Putin, apa saja yang dibicarakan?
Foto: Vladimir Putin dan Joe Biden (BBC World)

Rusia Kerahkan Jet

Rusia mengerahkan satu jet tempurnya untuk mengawal sebuah pesawat pengintai milik Amerika Serikat (AS) yang mengudara di atas Samudra Pasifik, tepatnya di sepanjang pantai Semenanjung Kamchatka. Rusia mengklaim telah mencegah pesawat AS itu melanggar wilayah perbatasannya.

Seperti dilaporkan kantor berita TASS dan dilansir Reuters, Jumat (16/4/2021), insiden itu dilaporkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia yang menyebut satu jet tempur MiG-31 milik Rusia dikerahkan untuk mengawal sebuah pesawat yang terdeteksi mengudara menuju perbatasan wilayahnya.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, pesawat itu diidentifikasi sebagai pesawat pengintai AS. Pesawat itu terdeteksi mendekati pantai tenggara Rusia.

"Sebuah jet tempur MiG-31 dikerahkan dari sebuah pangkalan udara di kawasan Kamchatka untuk mengidentifikasi dan mengawal pesawat tersebut," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

"Awak mengidentifikasinya sebagai pesawat pengintai jenis TC-135 milik AS," imbuh pernyataan tersebut.

Ditegaskan bahwa pesawat pengintai AS itu berhasil dicegah dari melanggar wilayah perbatasan Rusia.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia juga menegaskan bahwa pengerahan jet tempurnya sudah mematuhi aturan internasional untuk penggunaan wilayah udara. Disebutkan bahwa jet tempur itu kembali dengan selamat di pangkalan udaranya setelah mengusir pesawat AS dari perbatasan Rusia.

Belum ada komentar dari Pentagon terkait klaim Rusia ini.

Halaman

(rdp/rdp)