Delegasi AS Datangi Taiwan, China Gelar Latihan Militer

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 16:31 WIB
Di Hari-hari Terakhir Trump, AS Perkuat Hubungan dengan Taiwan
Ilustrasi Bendera Taiwan-AS (Foto: DW News)

Mantan Senator AS Chris Dodd dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri Richard Armitage dan James Steinberg tiba di Taiwan pada hari Rabu (14/4) dengan jet pribadi. Menurut pejabat Gedung Putih, kedatangan mereka sebagai "sinyal pribadi" dari komitmen Presiden AS Joe Biden terhadap Taiwan.

Mereka akan bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen pada hari Kamis (15/4) mendatang, untuk semakin mempererat hubungan Sino-AS.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan, Xavier Chang, mengatakan perjalanan itu "lagi-lagi menunjukkan hubungan kokoh antara Taiwan-AS dan merupakan ekspresi dukungan lintas pihak untuk Taiwan di Amerika Serikat ".

Ma, juru bicara China, mengatakan pertemuan pejabat AS dengan Tsai "hanya akan memperburuk situasi tegang di Selat Taiwan", dan tidak masalah apakah ini dianggap sebagai kunjungan resmi atau tidak resmi.

"Kami dengan tegas menentang pernyataan berlebihan AS atas apa yang disebut 'ancaman militer China', dan dengan tegas menentang AS memainkan 'kartu Taiwan' dan terus mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan kemerdekaan Taiwan," tambahnya.

"Kemerdekaan Taiwan adalah jalan buntu dan Partai Progresif Demokratik yang berkuasa mencoba untuk 'menggunakan senjata untuk mencari kemerdekaan. Hal itu seperti meminum racun dengan harapan memuaskan dahaga, dan hanya akan mendorong Taiwan menuju bencana," cetusnya.

Halaman

(izt/ita)