Delegasi AS Datangi Taiwan, China Gelar Latihan Militer

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 16:31 WIB
Di Hari-hari Terakhir Trump, AS Perkuat Hubungan dengan Taiwan
Ilustrasi Bendera Taiwan-AS (Foto: DW News)
Beijing -

Kedatangan para delegasi Amerika Serikat ke Taiwan mendorong China unjuk kekuatan dengan menggelar latihan militer di dekat pulau itu. China menggambarkan latihan militer yang dilakukan di dekat Taiwan merupakan latihan tempur.

Seperti dilansir dari Reuters, Rabu (14/4/2021), Taiwan kerap mengeluhkan aktivitas militer China yang terus terjadi, termasuk kehadiran jet-jet tempur dan pesawat pembom yang memasuki zona pertahanan udaranya dan sebuah kapal induk China yang sedang melakukan latihan di pulau itu.

Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan pada Senin (12/4), sebanyak 25 pesawat tempur yang dikirim pasukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) terdiri dari 14 jet tempur J-16, empat jet tempur J-10, empat pesawat pengebom H-6K, dua pesawat perang anti-kapal selam dan satu pesawat peringatan dini dan kontrol udara.

Kantor Urusan Taiwan di China mengatakan pemerintah Taiwan dan kelompok separatis berkolusi dengan "kekuatan eksternal".

"Pengorganisasian latihan tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di Selat Taiwan adalah tindakan yang diperlukan untuk mengatasi situasi keamanan saat ini di Selat Taiwan dan untuk menjaga kedaulatan nasional," kata juru bicara Ma Xiaoguang.

"Ini adalah tanggapan serius terhadap campur tangan dan provokasi dari Taiwan," tambahnya.

"Latihan militer dan operasi pelatihan PLA mengirimkan sinyal bahwa tekad kami untuk mengekang kemerdekaan Taiwan dan kolusi antara Taiwan-AS bukan hanya sekedar pembicaraan," tegasnya.

China sebelumnya memberikan sedikit komentar publik tentang gerakan militernya baru-baru ini di dekat Taiwan. Kementerian Pertahanan China menyebut mereka hanya melakukan "kegiatan militer" pada akhir Januari lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2