Round-Up

Kesalahan Fatal Polisi AS Bikin Nyawa Pemuda Kulit Hitam Melayang

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 14 Apr 2021 04:27 WIB
Penembakan Daunte Wright: Polisi AS klaim
Penembakan Daunte Wright memicu protes warga Minneapolis (dok. BBC World)
Minneapolis -

Kesalahan fatal dilakukan oleh seorang polisi yang menembak mati seorang pria kulit hitam di kota Brooklyn Center, negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Disebutkan kepala polisi setempat bahwa insiden itu adalah sebuah kecelakaan.

"Daunte Wright, 20, ditembak setelah petugas itu bermaksud menggunakan senjata kejut (taser), tetapi malah secara keliru menggunakan senjatanya," kata Kepala Polisi Tim Gannon kepada wartawan, seperti dilansir BBC dan AFP, Selasa (13/4/2021).

Pada konferensi pers pada Senin pagi, Chief Gannon memutar video pendek dari kamera tubuh yang dikenakan oleh seorang polisi perempuan, yang menunjukkan Wright mencoba masuk kembali ke mobilnya saat petugas berusaha memborgolnya di pinggir jalan.

Seorang petugas kemudian terdengar mengatakan "Taser, Taser, Taser" - prosedur polisi sebelum menggunakan senjata kejutnya.

Wright terlihat masuk ke mobilnya dan pergi, sementara petugas yang sama mengatakan "Saya baru saja menembaknya".

Dia terluka parah dan menabrak kendaraan lain, saat berupaya tetap mengemudi menjauhi lokasi tempatnya dihentikan polisi.

"Ini adalah keyakinan saya bahwa petugas bermaksud untuk menggunakan Taser mereka, tetapi malah menembaknya dengan satu peluru," kata Chief Gannon.

Ia menambahkan: "Tidak ada yang bisa saya katakan untuk mengurangi rasa sakit ini."

Petugas yang melakukan penembakan telah diminta melakukan cuti administratif.

Selanjutnya
Halaman
1 2