21 Orang Terjebak Banjir di Tambang Batu Bara China!

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 11 Apr 2021 11:43 WIB
Lokasi longsong tambang batu bara ilegal di Muara Enim, Sumsel
Ilustrasi (Foto: Raja Adil/detikcom)
Jakarta -

Sebuah tambang batu bara di wilayah Xinjiang, China yang tergenang banjir membuat 21 pekerja terperangkap, sedangkan 8 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Minggu (11/4/2021) kantor berita Xinhua melaporkan bahwa akibat banjir yang menerjang wilayah itu, sebagian tambang mengalami pemadaman listrik. Pada Sabtu (10/4) sore waktu setempat, sebanyak 29 penambang yang sedang melakukan perbaikan di sebuah tambang batu bara Fengyuan, Hutubi terjebak.

Delapan dari 29 pekerja yang berada di tempat kejadian telah diselamatkan dari tambang. Sementara sisanya, masih terjebak di lokasi kejadian.

Tim penyelamat telah menemukan lokasi para penambang yang terjebak, dimana 12 orang berada di satu platform, 8 lainnya di platform kedua, dan satu orang lainnya berada di sebuah rute evakuasi di mana air sudah memasuki area pertambangan.

Tim penyelamat juga mencoba memompa air dari bagian yang dialiri banjir dan menyalurkan udara ke dalam tambang.

Kecelakan di sejumlah tambang di China menjadi hal yang biasa terjadi, akibat kurangnya pengamanan dan regulasi.

Pada Januari lalu, sepuluh penambang emas dipastikan tewas akibat ledakan di sebuah tambang di provinsi Shandong, China.

Pada bulan Desember, 23 orang tewas setelah terperangkap di tambang di barat daya kota Chongqing. Tiga bulan sebelumnya, 16 orang tewas di tambang batu bara terpisah di wilayah yang sama.

Simak video '9 Pekerja Tewas Saat Musnahkan Bahan Peledak Penambangan yang Kedaluwarsa':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/dhn)