Filipina Setop Penggunaan Vaksin AstraZeneca untuk Usia di Bawah 60 Tahun

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 16:54 WIB
Jerman Batasi Vaksin AstraZeneca Hanya untuk Lansia atas Alasan Keamanan
Ilustrasi -- Vaksin AstraZeneca (dok. DW News)

Negara ini juga menerima 525.600 vaksin AstraZeneca melalui program COVAX, yang menjamin akses pada vaksin Corona untuk semua negara. Data resmi otoritas Filipina menunjukkan sebagian besar vaksin AstraZeneca di negara itu telah disuntikkan.

Filipina tengah menantikan tiga juta dosis vaksin AstraZeneca lainnya dalam beberapa bulan ke depan.

Pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte dihujani kritik terkait cara menangani pandemi Corona dan upaya mengamankan vaksin. Sebanyak 2,5 juta dosis vaksin yang diterima Filipina, hanya sebagian kecil dari pasokan yang dipesan dari tujuh produsen vaksin. Sisa pasokan vaksin Corona untuk Filipina diperkirakan baru akan tiba pada akhir tahun ini.

Tidak hanya terbatasnya pasokan vaksin, vaksinasi Corona di Filipina juga terhambat oleh rendahnya kepercayaan publik pada vaksin. Kemudian juga munculnya klaim-klaim tak berdasar yang menyebut puluhan anak tewas akibat suntikan vaksin.

"Saya ingin menekankan bahwa penangguhan sementara ini TIDAK BERARTI bahwa vaksin ini tidak aman atau tidak efektif -- itu hanya berarti bahwa kita mengambil langkah pencegahan untuk menjamin keselamatan setiap warga Filipina," tegas Domingo.

Halaman

(nvc/ita)