Pecah Rekor, India Laporkan 115.736 Positif Corona dalam Sehari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 01:13 WIB
New Delhi - India sedang dilanda gelombang kedua infeksi virus Corona (COVID-19). Kementerian Kesehatan setempat mencatat rekor tambahan kasus baru COVID-19 pada Rabu sebanyak 115.736 kasus.

Dilansir Reuters, Rabu (7/4/2021) hingga saat ini total kasus positif Corona di India mencapai 12,8 juta kasus. Sehingga menjadikan India sebagai negara terparah terinfeksi Corona ketiga setelah Amerika Serikat dan Brasil.

Jumlah kematian dilaporkan sebanyak 630, tertinggi dalam 4 hari terakhir. Sehingga total kematian akibat COVID-19 di India sebanyak 166.177 kasus.

Tambahan kasus harian di atas 100 ribu kasus di India tercatat sebanyak 2 kali dalam seminggu terakhir. Sebelumnya, hanya AS yang melaporkan penambahan kasus sebanyak angka tersebut.

Infeksi harian ini juga melewati puncak gelombang pertama pandemi ini pada bulan September lalu.

Gelombang kedua ini membuat pihak berwenang di banyak negara bagian telah memerintahkan untuk melakukan lockdown lokal. Serta pembatasan lain untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

"Pandemi belum berakhir dan tidak ada ruang untuk berpuas diri," kata Menteri Kesehatan India, Harsh Vardhan di akun Twitter. Dia juga mendesak orang untuk "divaksin saat giliran anda dan mengikuti perilaku yang sesuai dengan pencegahan COVID dengan cermat!".

Namun demikian, banyak negara bagian mengkritik pemerintah federal karena India telah membatasi upaya vaksinasi untuk pekerja di garda terdepan dan orang-orang yang berusia di atas 45 tahun.

Negara bagian seperti Odisha juga telah menandai kekurangan pasokan vaksin bahkan untuk kelompok-kelompok yang diprioritaskan.

India sejauh ini telah memberikan sekitar 85 juta dosis untuk 75 juta dari 1,35 miliar penduduknya.

(lir/lir)