Kapal Kargo Iran Rusak dalam Ledakan di Laut Merah, Diserang Israel?

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 07 Apr 2021 15:37 WIB
Bendera Iran
ilustrasi (Foto: REUTERS/Morteza Nikoubazl)
Jakarta - Sebuah kapal kargo Iran mengalami kerusakan kecil dalam "ledakan" di Laut Merah. Kementerian Luar Negeri Iran menyampaikan hal tersebut setelah media Amerika Serikat melaporkan kapal itu ditabrak oleh Israel.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (7/4/2021), ledakan itu menghantam "kapal komersial Iran" MV Saviz di lepas pantai Djibouti pada Selasa (6/4) sekitar pukul 6 pagi waktu setempat. Demikian disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Said Khatibzadeh.

Disebutkannya, penyelidikan telah dibuka untuk mengetahui penyebabnya.

Kantor berita Iran, Tasnim, melaporkan bahwa kapal yang digunakan oleh Angkatan Bersenjata Iran tersebut, telah rusak akibat "ranjau magnet".

"Kapal Saviz Iran telah ditempatkan di Laut Merah selama beberapa tahun terakhir untuk mendukung pasukan komando Iran yang dikirim dalam misi pengawalan kapal komersial (antipembajakan)," lapor Tasnim.

Menurut media terkemuka AS, The New York Times yang mengutip seorang pejabat AS, Israel telah memberi tahu Washington bahwa mereka telah menabrak kapal itu sebagai "pembalasan atas serangan Iran sebelumnya terhadap kapal-kapal Israel".

Itu adalah yang terbaru dari serangkaian serangan yang dilaporkan terhadap kapal kargo milik Israel dan Iran sejak akhir Februari, di mana kedua musuh bebuyutan itu saling menuduh bertanggung jawab.

Insiden tersebut telah terjadi sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada Januari lalu dengan komitmen untuk bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir kekuatan dunia 2015 dengan Iran, jika Teheran kembali ke kepatuhan penuh terhadap kesepakatan tersebut. Kesepakatan nuklir Iran tersebut sempat ditinggalkan oleh pendahulu Biden, Donald Trump dalam sebuah langkah yang disambut oleh Israel.

(ita/ita)