International Updates

Putin Teken UU untuk Jadi Presiden Seumur Hidup, TKI Dibui di Singapura

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 06 Apr 2021 17:11 WIB
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani undang-undang pada hari Senin (5/4) waktu setempat untuk mengubah konstitusi negara yang akan memungkinkannya mencalonkan diri untuk dua masa jabatan lagi, masing-masing enam tahun. Dengan demikian, Putin berkesempatan untuk tetap berkuasa hingga 2036 mendatang atau dengan kata lain menjadi presiden seumur hidup.

Putin yang berumur 68 tahun itu telah memimpin Rusia selama lebih dari dua dekade, dan dengan tindakan kerasnya baru-baru ini terhadap lawan politik dan masyarakat sipil, dia seakan mempertegas bahwa hanya ada sedikit ruang untuk perbedaan pendapat.

Seperti dilansir CBS News, Selasa (6/4/2021), salinan UU baru tersebut diposting di situs informasi hukum pemerintah pada hari Senin (5/4), mengkonfirmasikan bahwa UU tersebut telah final.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (6/4/2021):

- Derek Chauvin Langgar Kode Etik Polisi Saat Tangkap George Floyd

Derek Chauvin, mantan polisi Minneapolis di Amerika Serikat (AS), yang menjadi terdakwa utama dalam kasus pembunuhan George Floyd dinyatakan melanggar aturan dan kode etik Departemen Kepolisian Minneapolis soal menghormati 'kesucian hidup'.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/4/2021), hal itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Minneapolis, Medaria Arradondo, yang dihadirkan dalam sidang terbaru kasus Floyd pada Senin (5/4) waktu setempat.

"Itu bukan bagian dari pelatihan kami, dan itu jelas bukan bagian dari etika dan nilai-nilai kami," tegas Arradondo dalam pernyataannya di hadapan hakim, merujuk pada Chauvin yang seorang polisi kulit putih menindihkan lututnya di leher Floyd (46) yang seorang pria kulit hitam, selama lebih dari 9 menit pada Mei tahun lalu.

Sebuah video dari lokasi yang menunjukkan momen saat Floyd meregang nyawa memicu aksi protes besar-besaran terhadap kebrutalan polisi.

- Ketegangan Meningkat, Kapal Induk China Gelar Latihan Dekat Taiwan

Sebuah kapal induk China tengah menggelar latihan di dekat wilayah Taiwan. Ditegaskan Angkatan Laut China bahwa latihan semacam itu akan menjadi latihan rutin ke depannya, yang berpotensi semakin menambah ketegangan antara kedua negara.

Taiwan terus mengeluhkan aktivitas militer China di dekat wilayahnya selama beberapa bulan terakhir, saat China semakin meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas Taiwan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/4/2021), Angkatan Laut China menyatakan bahwa kapal induk yang dipimpin Liaoning -- kapal induk pertama China yang dioperasikan secara aktif -- melakukan latihan 'rutin' di perairan dekat Taiwan.

"Untuk meningkatkan kemampuan dalam menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan," demikian pernyataan Angkatan Laut China.

- Pesawat Ethiopian Airlines Lainnya Juga Nyaris Salah Mendarat di Zambia

Insiden salah mendaratnya sebuah pesawat kargo Ethiopian Airlines di Zambia bukan menjadi satu-satunya pada Minggu (4/4) waktu setempat. Sebuah pesawat Ethiopian Airlines lainnya, namun pesawat penumpang, ternyata nyaris melakukan kesalahan yang sama beberapa jam sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2