Pemimpin Negara ASEAN Akan Bertemu Bahas Myanmar di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 17:26 WIB
Menanti Sikap ASEAN atas Konflik di Myanmar
Ilustrasi (dok. DW News)
Bandar Seri Begawan -

Para pemimpin negara-negara anggota Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) akan menggelar pertemuan untuk membahas perkembangan situasi di Myanmar. Brunei yang kini mengetuai ASEAN menyatakan telah meminta para pemimpin untuk bersiap menghadiri pertemuan di Jakarta.

Seperti dilansir Reuters, Senin (5/4/2021), Myanmar dilanda krisis sejak kudeta militer dilancarkan pada 1 Februari lalu yang melengserkan pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi. Para aktivis setempat menyebut sedikitnya 557 orang tewas dalam berbagai insiden dalam unjuk rasa sejak kudeta.

Indonesia telah memimpin upaya negara-negara ASEAN, di mana Myanmar juga menjadi anggotanya, untuk mendorong solusi yang dirundingkan, meskipun ada kebijakan sejak lama untuk tidak mengomentari masalah domestik satu sama lain.

Dalam pernyataan bersama dengan Malaysia, Brunei menyatakan kedua negara telah meminta para Menteri dan pejabat senior masing-masing untuk melakukan 'persiapan yang diperlukan untuk rapat yang akan digelar di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia'.

Pernyataan ini dirilis setelah digelar pertemuan antara Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Muhyiddin Yassin, pada Senin (5/4) waktu setempat.

"Kedua pemimpin sepakat agar para pemimpin ASEAN bertemu membahas perkembangan yang sedang berlangsung di Myanmar," demikian bunyi pernyataan gabungan keduanya.

Namun demikian, tidak disebutkan lebih lanjut kapan pertemuan itu akan digelar.

Selanjutnya
Halaman
1 2