Penembakan Brutal Terjadi di Ethiopia, 30 Orang Tewas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 31 Mar 2021 23:57 WIB
ilustrasi penembakan
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Nairobi -

Aksi penembakan brutal terjadi di Ethiopia. Penembakan oleh kelompok bersenjata itu menewaskan 30 orang warga.

Dilansir dari Reuters, Rabu (31/3/2021), serangan itu terjadi di sebuah desa di barat wilayah Ethiopia Oromiya pada Selasa malam waktu setempat.

Bentrokan antarkelompok etnis sendiri telah menjadi tantangan besar pemerintah di negara itu. Pejabat daerah di Oromiya belum memberi penjelasan siapa yang berada di balik pembunuhan di zona Wollega barat Oromiya itu.

Di masa lalu, mereka menyalahkan serangan serupa pada kelompok bersenjata bernama OLF Shane. Salah satu warga yang selamat, Wossen Andarege, mengatakan ada 30 orang yang tewas akibat peristiwa itu.

"Kami mengambil jenazah menggunakan mobil dan kami menguburkan 30 orang," kata Wossen.

Dia mengaku mendengar suara tembakan ketika serangan itu terjadi. Wossen mengatakan dia dan keluarganya telah melarikan diri ke kantor pemerintah terdekat dan menunggu perlindungan dari pasukan federal.

Sementara itu, Kantor komunikasi wilayah Oromiya mengatakan sejumlah warga sipil yang tidak diketahui tewas dalam apa yang mereka sebut sebagai 'serangan teror'.

"Negara bagian itu sedih dengan serangan yang mengerikan ini," demikian keterangan tersebut.

OLF Shane adalah kelompok sempalan dari Front Pembebasan Oromo (OLF), sebuah partai oposisi yang menghabiskan bertahun-tahun di pengasingan tetapi diizinkan kembali ke Ethiopia setelah Perdana Menteri Abiy Ahmed menjabat pada 2018. Kekerasan sporadis telah mengguncang Ethiopia sejak saat itu. OLF Shane mengatakan pihaknya memperjuangkan hak Oromos, kelompok etnis terbesar di negara itu.

(haf/idn)