Adik Perempuan Kim Jong Un Sebut Korsel 'Burung Beo' AS

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 30 Mar 2021 12:05 WIB
Kim Yo Jong hadir di upacara pembukaan PyeongChang 2018 Winter Olympic Games pada 9 Februari 2018 in Pyeongchang-gun, Korea Selatan.
Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong ( Foto: Getty Images/Pool)
Seoul -

Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong mengecam Presiden Korea Selatan Moon Jae In sebagai "burung beo yang dibesarkan oleh Amerika". Ini dikatakannya setelah Moon mengkritik uji coba rudal Korut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/3/2021) Korut yang memiliki senjata nuklir memiliki sejarah panjang dalam menggunakan uji coba senjata untuk meningkatkan ketegangan. Pekan lalu, Korut kembali melakukan provokasi substantif pertamanya sejak pelantikan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

AS dan Jepang mengatakan senjata yang ditembakkan adalah rudal balistik - dilarang berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB - sementara Korut bersikeras bahwa itu adalah senjata taktis.

Moon Jae-in menyinggung Korut dalam pidatonya pekan lalu - ketika Korsel menandai tiga serangan mematikan oleh Korut sejak 1999 - yang tidak secara khusus mengacu pada uji coba rudal.

"Tindakan-tindakan untuk melanjutkan dialog antara Pyongyang dan Washington tidak diinginkan," katanya.

Pidato Moon memicu kecaman dari Kim Yo Jong menyebutnya sebagai "pelanggaran tingkat tinggi"

Disiarkan kantor berita KCNA, Kim Yo Jong mengatakan bahwa dirinya sampai tidak bisa berkata-kata terkait pidato Moon. Ia menyebut Moon hanya sebagai "kepala eksekutif" Korsel dan bukan dengan nama atau jabatannya.

Dia juga menyebutnya sebagai "burung beo yang dibesarkan oleh Amerika", dan mengatakan Moon menggunakan "logika AS yang mirip gangster".

Selanjutnya
Halaman
1 2