6 Fakta Putus Hubungan Korea Utara dan Malaysia

ADVERTISEMENT

Round Up

6 Fakta Putus Hubungan Korea Utara dan Malaysia

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 20:00 WIB
Kondisi Kedubes Korut di Malaysia usai putus hubungan diplomatik
Kondisi Kedubes Korut di Malaysia usai putus hubungan diplomatik (Foto: AP Photo/Lai Seng Sin)
Jakarta -

Keputusan Korea Utara (Korut) untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia menjadi sorotan dari berbagai pihak. Ada sejumlah fakta yang melatarbelangi tindakan tegas itu, berikut penjelasannya.

Ekstradisi Warga Korut ke Amerika Serikat

Korut tiba-tiba saja memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Malaysia karena alasan ekstradisi. Diketahui pada 9 Maret lalu, pengadilan Malaysia melakukan ekstradisi terhadap seorang pria warga Korut, Mun Chol Myong, ke Amerika Serikat terkait tuduhan pencucian uang.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (19/3/2021) pada 2019 lalu, Mun ditangkap setelah AS menuduhnya melakukan pencucian uang melalui perusahaan-perusahaan dan mengeluarkan dokumen palsu untuk mendukung pengiriman ilegal ke Korut. Mun menolak permintaan ekstradisi, dengan alasan bahwa tuduhan itu bermotif politik.

Menurut pengacara Mun, dia menghadapi empat dakwaan pencucian uang dan dua konspirasi pencucian uang. Tuduhan tersebut terutama terkait dengan pekerjaannya di Singapura.

Diketahui bahwa aktivitas ekspor beberapa barang mewah ke Korea Utara telah dilarang usai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan negara-negara lainnya, termasuk AS menjatuhkan sanksi besar-besaran atas program senjata Korut.

Diplomat Korut Diminta Angkat Kaki dari Malaysia

Merespon sikap Korut, Malaysia memerintahkan semua staf diplomatik di Kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 48 jam.

"Pemerintah akan memerintahkan semua staf diplomatik kedutaan Korea Utara di Kuala Lumpur dan keluarga mereka untuk meninggalkan Malaysia dalam waktu 48 jam," demikian isi pernyataan Kemenlu Malaysia.

Malaysia Akan tutup Kedubes di Pyongyang

Sementara itu, pemerintah Malaysia juga memutuskan akan menutup Kedutaan Besarnya di ibukota Pyongyang, Korea Utara sebagai respon terhadap pemutusan hubungan diplomatik.

"Malaysia mengecam keputusan itu sebagai tindakan tidak bersahabat dan tidak konstruktif, tidak menghormati semangat saling menghormati dan hubungan bertetangga yang baik di antara anggota komunitas internasional. Malaysia selalu menganggap Korut sebagai mitra dekat sejak terjalinnya hubungan diplomatik pada 1973," kata Kemenlu Malaysia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT