Serangan Bom Teroris di Iran, 1 Tewas

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 21 Mar 2021 17:12 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Teheran -

Serangan bom menghantam wilayah tenggara Iran pada Minggu (21/3). Menurut kantor berita negara, IRNA, dilaporkan insiden itu menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya.

Seperti dilansir AFP, Minggu (21/3/2021) pemerintah menyalahkan "kelompok teroris" yang terkait dengan musuh-musuh Iran. Diketahui bom terjadi sekitar pukul 09.30 waktu setempat di kota Saravan, provinsi Sistan-Baluchistan, Iran.

IRNA menyebut sebuah kelompok "terkait dengan arogansi global", sebuah frase yang sering digunakan di Iran untuk Amerika Serikat dan sekutunya, telah melakukan "ledakan di salah satu lapangan Saravan, yang menyebabkan satu orang terbunuh dan melukai tiga warga yang menyeberang jalan,".

Sistan-Baluchistan adalah lokasi yang melintasi perbatasan dengan Pakistan dan memiliki populasi besar, terutama etnis Baluch Sunni. Provinsi ini telah lama menjadi titik api serangan lintas batas oleh separatis dan ekstremis Sunni.

Menurut otoritas Iran, serangan Minggu itu terjadi hampir sebulan setelah bentrokan mematikan dengan penyelundup bahan bakar di Sistan-Baluchistan yang menewaskan dua orang, termasuk seorang polisi di Saravan.

Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan setidaknya 12 orang dilaporkan tewas, dua di antaranya di bawah umur, dan menuduh pasukan keamanan Iran menggunakan kekuatan yang berlebihan.

Simak juga 'Austria Dukung Israel Cegah Iran Kembangkan Senjata Nuklir':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/gbr)