Gereja Katolik Jerman Diguncang Kasus Pelecehan Seks Ratusan Anak

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 15:54 WIB
Ratusan pastor di AS melecehkan ribuan anak
Ilustrasi (dok. BBC World)

Namun demikian, penyelidikan membersihkan Uskup Cologne, Rainer Maria Woelki, dari dugaan pelanggaran terkait kasus-kasus pelecehan seksual tersebut. Sebagian besar tuduhan terjadi selama masa jabatan pendahulu Woelki, Kardinal Joachim Meisner, yang meninggal dunia tahun 2017.

Dalam pernyataan usai kajian dirilis, Woelki mengumumkan penonaktifan dua pejabat Gereja Katolik Cologne, Uskup Dominikus Schwaderlapp dan kepala pengadilan keuskupan, Guenter Assenmacher, dengan segera. Disebutkan Woelki bahwa mereka terlibat dalam tindakan 'menutup-nutupi' kasus pelecehan seksual itu. Woelki menambahkan bahwa dirinya akan mengambil langkah lebih konkret pekan depan, setelah membaca laporan itu secara menyeluruh.

Secara terpisah, komisioner pemerintah Jerman untuk kasus pelecehan seksual anak, Johannes-Wilhelm Roerig, menyebut 'skala pelecehan seksual dan pelanggaran tugas oleh pemimpin gereja sangat mengejutkan'.

"Saya berharap penyelidikan independen atas pelecehan seksual di Gereja Katolik sekarang akan dilanjutkan dengan tekad penuh dan niat tak terbatas untuk mencari kebenaran di semua keuskupan Jerman," cetusnya.


(nvc/ita)