Eks Dubes Vatikan untuk Prancis Dihukum Percobaan Atas Pelecehan Seks 5 Pria

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 10:41 WIB
Ratusan pastor di AS melecehkan ribuan anak
Ilustrasi (dok. BBC World)
Paris -

Seorang mantan utusan Vatikan untuk Prancis dijatuhi hukuman percobaan 8 bulan oleh sebuah pengadilan di Paris, Prancis, setelah dinyatakan bersalah atas tindak pelecehan seksual terhadap lima pria.

Seperti dilansir AFP, Kamis (17/12/2020), Uskup Luigi Ventura yang lahir di Italia dan pernah menjabat Duta Besar (Dubes) Vatikan untuk Prancis, dinyatakan bersalah telah meraba para korban dalam sejumlah pertemuan antara tahun 2018-2019 lalu. Kasus ini mencuat awal tahun 2019 saat Gereja Katolik menghadapi berbagai skandal.

Ventura yang ditugaskan di Paris sejak tahun 2009, telah mengundurkan diri pada Desember tahun lalu setelah mencapai usia 75 tahun yang menjadi batasan untuk jabatan tersebut.

Pihak Vatikan sepakat untuk mencabut kekebalan diplomatik yang dimiliki Ventura. Ini menjadi momen pertama Vatikan mengambil keputusan semacam ini.

Ventura tidak hadir saat sidang putusan maupun selama persidangan digelar pada 10 November lalu.

Dalam putusannya, pengadilan Paris menjatuhkan hukuman percobaan selama 8 bulan terhadap Ventura. Dia juga diwajibkan membayar ganti rugi 13 ribu Euro dan sekarang akan muncul dalam daftar penjahat seks Prancis.

Kasus ini mencuat setelah polisi setempat menerima laporan seorang tokoh senior di kantor Wali Kota Paris yang menyebut dirinya diraba-raba selama menghadiri acara publik.

Selanjutnya
Halaman
1 2