Gereja Katolik Jerman Diguncang Kasus Pelecehan Seks Ratusan Anak

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 19 Mar 2021 15:54 WIB
Ratusan pastor di AS melecehkan ribuan anak
Ilustrasi (dok. BBC World)
Berlin -

Sebuah kajian independen mengungkapkan adanya ratusan kasus pelecehan seks terhadap anak yang terjadi dalam Gereja Katolik Jerman. Kajian ini mendorong pengunduran diri Uskup Hamburg yang namanya disebut terindikasi terlibat dalam praktik menutupi kasus-kasus itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (19/3/2021), laporan setebal 800 halaman soal Keuskupan Cologne yang dinanti sejak lama dan dirilis pada Kamis (18/3) waktu setempat itu mendapati adanya 202 pelaku pelecehan seksual dan 314 korban antara tahun 1975 hingga 2018. Laporan itu diungkapkan oleh pengacara yang dimandatkan oleh gereja, Bjoern Gercke.

"Lebih dari separuh korban merupakan anak-anak berusia di bawah 14 tahun," ungkap Gercke kepada wartawan setempat.

Temuan ini juga mencakup tindak pelecehan seksual oleh rohaniwan maupun pegawai gereja yang tidak ditahbiskan. "Bahwa selama beberapa dekade, tampaknya tidak ada yang berani melaporkan kasus-kasus seperti itu," imbuh Gercke.

Uskup Hamburg, Stefan Hesse, yang namanya disebut dalam laporan itu telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Paus Fransiskus. Hesse mengajukan pengunduran dirinya itu setelah laporan itu menyebut 11 pelanggaran tugas terkait tuduhan pelecehan seksual saat dia masih menjabat Wakil Uskup di Cologne.

Dalam pernyataannya, Hesse membantah dirinya menutup-nutupi kasus itu namun mengakui telah melakukan kesalahan. Dia menegaskan dirinya selalu bertindak 'sejauh pengetahuan terbaik dan hati nurani saya'.

"Tidak pernah berpartisipasi dalam tindakan menutup-nutupi," tegasnya. "Saya tetap siap memikul tanggung jawab atas kegagalan sistem." ucap Hesse.

Lihat juga video 'Polisi Selidiki Kasus Pelecehan Seksual Armie Hammer':

[Gambas:Video 20detik]