Round Up

Anak 13 Tahun Bikin Bocah 6 Tahun Hilang Nyawa Bikin Gempar China

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 17 Mar 2021 05:11 WIB
Ilustrasi pembunuhan
Foto: Ilustrasi

Sejak saat itu, muncul perdebatan di masyarakat China tentang apakah usia tanggung jawab pidana harus diturunkan, karena kasus kriminal berulang kali dilakukan oleh anak di bawah umur.

Sebelumnya, kasus serupa juga dilakukan seorang remaja laki-laki berusia 13 tahun dari Dalian, provinsi Liaoning, timur laut China. Ia dinyatakan bersalah karena membunuh seorang anak perempuan berusia 10 tahun pada Oktober 2019 dan kemudian hanya diberi hukuman tiga tahun pendidikan pemasyarakatan.

Pada bulan Desember 2020, China mengamandemen Hukum Pidana dan menurunkan usia tanggung jawab pidana dari 14 tahun menjadi 12 tahun sebagai tanggapan atas meningkatnya jumlah kejahatan yang dilakukan oleh remaja.

Amandemen, yang berlaku mulai 1 Maret, mengatakan bahwa mereka yang berusia antara 12-14 tahun, akan memikul tanggung jawab pidana jika mereka "melakukan pembunuhan yang disengaja, dengan sengaja melukai orang lain sehingga menyebabkan kematian, atau melukai parah orang lain dengan menggunakan cara-cara yang sangat kejam."


(izt/ita)