Australia Deteksi Kasus Penularan Lokal Corona Pertama dalam 2 Pekan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 14:23 WIB
Brisbane Lockdown Tiga Hari Untuk Hentikan Penularan Jenis Baru Virus Corona
Ilustrasi (dok. ABC Australia)
Brisbane -

Otoritas Australia mendeteksi kasus pertama untuk penularan lokal virus Corona (COVID-19) di wilayahnya dalam dua pekan terakhir. Kasus penularan lokal ini terdeteksi pada seorang dokter yang dinyatakan positif Corona setelah merawat dua pasien yang kembali dari luar negeri.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (13/3/2021), Premier Queensland, Annastacia Palasczuk, menuturkan bahwa seorang dokter yang tidak disebut namanya itu merawat dua pasien yang baru pulang ke Australia dan dinyatakan positif Corona varian Inggris.

"Kami tahu dokter ini, yang menangani dua pasien positif COVID sedang berada di rumah sakit pada saat itu. Sekarang, dia mengalami gejala-gejalanya," ungkap Palaszcuk kepada wartawan di Brisbane.

Kasus dokter positif Corona ini menjadi kasus penularan lokal pertama di Australia sejak 24 Februari lalu. Penularan lokal merupakan kasus Corona yang penularannya terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Disebutkan Palasczuk bahwa dokter tersebut sempat merawat pasien-pasien lainnya, sehingga otoritas setempat segera melakukan pelacakan kontak. Belum diketahui pasti berapa banyak pasien yang dirawat dokter ini sebelum dia dinyatakan terinfeksi.

Kasus ini memicu pembatasan di area rumah sakit setempat. Palasczuk menyatakan bahwa seluruh rumah sakit di Brisbane akan ditutup untuk pengunjung.

Australia sejauh ini melaporkan total lebih dari 29 ribu kasus Corona, dengan 909 kematian. Angka itu lebih rendah dari negara-negara maju lainnya.

Dalam upaya mengendalikan penyebaran Corona di wilayahnya, otoritas Australia menutup perbatasan internasional, menerapkan lockdown dan aturan social distancing yang ketat.

(nvc/idh)