Ada Isu Efek Pembekuan Darah, WHO Tegaskan Vaksin AstraZeneca Aman

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sabtu, 13 Mar 2021 00:36 WIB
Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Corona AstraZeneca sudah tiba di Indonesia, berikut sejumlah negara yang sudah memakainya.
Foto: AP Photo
Jenewa -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksin virus Corona (COVID-19), AstraZeneca aman digunakan. AstraZeneca disebut sama dengan vaksin-vaksin lainnya.

Dilansir AFP, beberapa negara menangguhkan peluncuran AstraZeneca setelah ada kekhawatiran pembekuan darah dan Uni Eropa menambahkan alergi parah ke kemungkinan efek samping.

WHO mengatakan, komite penasehat vaksinnya sedang memeriksa data keamanan yang masuk. Menurut WHO, tidak ada hubungan sebab akibat antara vaksin AstraZeneca dengan pembekuan darah.

"AstraZeneca adalah vaksin yang sangat baik, seperti juga vaksin lain yang sedang digunakan," kata juru bicara WHO Margaret Harris, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (13/3/2021).

"Ya, kami harus terus menggunakan vaksin AstraZeneca," tambahnya, menekankan bahwa kekhawatiran tentang keselamatan harus diselidiki.


Diketahui bahwa Denmark, Islandia, dan Norwegia telah menangguhkan vaksinasi AstraZeneca terkait isu pembekuan darah tersebut. Thailand pun menunda penggunaan vaksin tersebut usai isu adanya pembekuan darah di beberapa negara Eropa.

Sebelumnya, Austria pun menyetop penggunaan vaksin AstraZeneca saat menyelidiki kasus kematian akibat gangguan koagulasi dan penyakit emboli paru.

Simak video 'Italia Setop Penggunaan Vaksin AstraZeneca, Ada Efek Samping Serius':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)